Business

Ditanya Gaji Pas Interview, Gini Jawaban yang Benar

negosiasi gaji

TOPCAREER.ID – Ketika interview untuk memperoleh pekerjaan, pertanyaan “Berapa gaji kamu saat ini?”, jadi pertanyaan yang paling sering hadir. Ada yang menjawab jujur, ada juga yang sampai bohong biar bisa dapat gaji lebih tinggi sesuai ekspektasi. Namun, yang sebenarnya harus jawab apa sih?

Dilansir dari CNBC ada beberapa cara terbaik untuk mengatasi pertanyaan wawancara tersebut seperti saran Suzy Welch, pengarang buku terkenal sekaligus kontributor CNBC.

Ketahuilah nilai pasaranmu

Membahas gaji merupakan wawancara ketat yang bahkan semua orang tak menyukainya. Agar berhasil, kata Welch, kamu harus tahu di mana posisi kamu.

“Jadilah cerdas dan lakukan riset. Coba ketahui berapa gaji pekerjaan itu, dan ketahuilah apa keahlian kamu yang mungkin berharga di pasaran,” kata Welch.

Situs-situs seperti Payscale, Glassdoor atau LinkedIn dapat memberitahu kamu berapa kisaran gaji suatu pekerjaan, yang juga memberitahu kamu apakah penghasilanmu di atas atau di bawah pasaran.  Jadi, kamu sudah siap dengan informasi yang benar soal posisi serta gaji kamu saat ini.

Ungkapkan gaji saat ini dan ceritakan posisimu

Setelah kamu tahu bagaimana membandingkan gaji dengan pekerjaan serupa, coba kamu jawab jujur tentang kompensasi kamu saat ini. Ketika kamu menjawab jujur itu berarti menunjukkan integritasmu.

“Jawabanmu bisa berupa, ‘Gaji saya X, bonus saya biasanya Y, untuk jumlah total sekitar Z,’” ucap Welch memberi contoh.

Welch menambahkan, setelah kamu beritahu angkanya, ambil keputusan untuk dirimu sendiri dengan yakin. Kamu juga bisa membuat compelling case tentang kenapa kamu mau untuk mendapatkan lebih sedikit gaji demi bisa memperoleh kesempatan atau mengembangkan diri. Atau lebih besar dari gaji.

Saat kamu membuat skenario, tak ada yang bisa kamu lakukan, kecuali tunggu dan lihat bagaimana respons dari manajer yang merekrutmu.

“Jika menajer perekrutan mempermainkanmu dalam percakapan ini, itu adalah tanda peringatan. Jangan abaikan itu," kata Welch yang juga jurnalis bisnis terkenal.

Share :

0 Comments Leave a comment