Photography

Foto Kreatif Hanya dengan Smartphone, Kenapa Tidak?

SKILLS.ID - Fotografi semakin hari semakin diminati, tapi tentu masih ada orang yang belum punya kamera DSLR. Tenang aja, faktanya menghasilkan foto kreatif hanya dengan modal smartphone doang itu memungkinkan kok. Apalagi sekarang dengan kemajuan teknologi smartphone, hal itu sudah tak lagi menjadi masalah besar.

Seperti yang dikatakan oleh Richard Yu, Chief Executive Officer Huawei Consumer Business Group bahwa salah satu produk mereka dibangun berlandaskan pada kerja sama yang telah terjalin dengan produk kamera kenamaan. Menurutnya, dengan terobosan triple camera, dual camera canggih, dan kecerdasan buatan (AI) dalam keduanya, konsumen saat ini dapat merekam dan membagikan keindahan dunia di sekitar mereka.

Nah, jangan sampai keterbatasan alat menyurutkan semangat kalian untuk menekuni hobi ini. Sebab, tidak punya kamera yang mumpuni dan mahal bukan berarti tidak bisa membuat karya fotografi yang bagus. Berbekal smartphone yang selalu kalian bawa kemana-mana serta skill yang terus diasah, bukan tidak mungkin kalian akan menciptakan hasil foto yang luar biasa.

Lagipula, smartphone lebih praktis dibawa jalan-jalan daripada peralatan kamera DSLR yang berat. Ditambah lagi, di era saat ini kecanggihan kamera smartphone membuat hasil fotonya sudah sulit dibedakan dengan foto dari kamera DSLR. Makanya, maksimalkan smartphone yang ada di tangan kalian untuk menghasilkan foto kreatif lewat beberapa trik berikut ini:

Panorama Sequence

Untuk membuat foto kreatif ini, pertama ubah mode kamera smartphone kalian ke mode panorama. Lalu ambil foto dengan cara ayunkan smartphone kalian secara perlahan dari kiri ke kanan. Selama pemotretan berlangsung, objek foto harus terus bergerak berpindah tempat. Tapi, objek harus keluar dari layar saat berpindah tempat baru kemudian masuk kembali. 

Dengan trik ini, foto yang dihasilkan pun unik karena kalian akan melihat berbagai macam pose yang berbeda dalam satu foto. Teknik ini juga sering disebut sebagai teknik panodash. Bisa dibilang, menghasilkan foto kreatif hanya dengan modal smartphone tidak susah kan?

Mode Pano Drive-by

Perjalanan masih jauh dan kalian sudah mulai merasa bosan di dalam mobil? Kalian bisa mencoba teknik satu ini biar kalian ada aktivitas sambil membuang waktu. Apalagi teknik ini juga menghasilkan foto keren. Caranya pun hampir sama dengan trik sebelumnya. Pertama, tentu kalian harus aktifkan mode panorama terlebih dahulu yang ada pada smartphone kalian.

Lalu selagi mobil berjalan, kalian bisa mulai melakukan pengambilan gambar. Hasilnya, mobil-mobil yang masuk tangkapan foto kalian akan berbentuk unik. Kalian juga bisa mencoba trik ini saat sedang naik bus atau motor lho. Gimana? Tertarik kan mencoba salah satu trik yang bisa menghasilkan foto kreatif hanya dengan modal smartphone ini?

Membuat lensa untuk memperbesar objek

Trik yang satu ini tidak kalah mudah untuk dilakukan. Pastinya kalian sering mengalami kan kejadian dimana ketika menggunakan mode zoom pada kamera smartphone, foto yang dihasilkan seringkali pecah atau buram? Nah, ternyata ada triknya supaya hal itu tidak terjadi.

Langkah pertama, coba cari teropong yang tidak terlalu besar. Lalu letakkan teropong itu persis di depan lensa smartphone kalian. Fokuskan pada satu objek foto saja, lalu tinggal klik untuk mengambil gambar. Maka jadilah sebuah foto seperti layaknya di-zoom! Trik ini pun bisa jadi pilihan kalian untuk menghasilkan foto kreatif hanya dengan modal smartphone.

Teknik macro lens

Selain trik untuk menghasilkan efek zoom pada smartphone kalian, ternyata masih ada trik yang lainnya lagi lho. Trik kali ini adalah untuk menghasilkan efek seperti menggunakan lensa makro, yang ternyata bisa diterapkan pada smartphone kalian. Bagaimana caranya? 

Pada awalnya yang perlu kalian lakukan adalah meneteskan sedikit air pada lensa kamera smartphone kalian dengan bantuan sedotan. Kemudian cari objek kecil yang ingin difoto lalu pastinya jangan lupa untuk fokuskan pada objek tersebut. Setelah itu, tinggal jepret aja deh! Ternyata bisa juga ya menghasilkan foto kreatif hanya dengan modal smartphone aja

Teknik reflector

Ternyata reflektor juga bisa dipakai lho untuk menampilkan hasil foto yang lebih baik pada smartphone. Caranya? Ambil sebuah kertas logam perak yang biasa digunakan untuk menutupi kaca depan mobil, lalu taruh di depan objek yang akan difoto. Sebenarnya, kalian juga bisa mencoba mengatur posisi reflektor dimana pun sesuai keinginan kalian.

Nah, kertas logam perak ini nantinya akan menghasilkan refleksi yang bagus untuk pencahayaan pada foto kalian. Dan pastinya hasil foto kalian bakal jadi beda banget antara saat memakai reflektor dan tidak. Trik yang patut dicoba nih sebagai salah satu cara menghasilkan foto kreatif hanya dengan modal smartphone doang.

Teknik tripod dan headphone

Butuh tripod untuk tempat menaruh smartphone kalian agar hasil foto lebih stabil? Tau tidak kalau kalian sebetulnya bisa membuatnya sendiri dengan mudah dan murah! Tidak percaya? Pertama-tama, coba kalian siapkan terlebih dahulu kardus bekas atau benda lain misalkan kertas karton yang cukup tebal untuk dijadikan tripod.

Selanjutnya, kalian perlu untuk memotong dan membentuk kardus sedemikian rupa serta memberi ruang untuk menopang smartphone kalian sesuai ukuran smartphone. Tripod untuk smartphone kalian pun telah selesai dibuat! Lalu apa yang harus dilakukan setelahnya?

Cukup pasang headphone pada smartphone dan tekan tombol “+” yang terdapat pada kabel headphone jika hendak mengambil foto. Dengan cara ini, sekarang kalian bisa selfie tanpa ribet harus pakai tongsis lagi. Kalau begitu, tentunya trik ini pantas jadi salah satu cara yang mendukung kalian untuk menghasilkan foto kreatif hanya dengan modal smartphone kan?

Trik photo underwater

Ingin hasil dari foto kalian terlihat seolah-olah diambil dari bawah air, tapi takut smartphone kalian jadi rusak karena basah? Ini dia triknya. Dengan trik ini, kalian tidak usah repot-repot nyebur ke air dan mengorbankan smartphone kalian. Bahkan kalian tidak butuh beli smartphone anti-air yang harganya mahal. Kalian cukup siapkan aja satu gelas kosong.

Lalu masukkan smartphone kalian ke dalam gelas tersebut dengan posisi terbalik (bagian kamera ditaruh di dasar gelas) Setelah itu, tinggal letakkan gelas tersebut di permukaan air atau genangan yang dangkal, lalu fokuskan pada objek yang akan difoto, dan jepret! Tuh terbukti kan kalian bisa kok menghasilkan foto kreatif hanya dengan modal smartphone.

Belum jelas? Tonton langsung videonya:

 

Share :

0 Comments Leave a comment