Art and Craft

Industri Kulit Makin Jadi Favorit Hasilkan Banyak Duit

Enterpreneurship atau kewirausahaan adalah program yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk membuka lapangan kerja melalui program “Indonesia 4.0”. Dari sekian industri, industri kulit adalah salah satu dari 3 industri potensial di Indonesia yang tidak pernah surut. 

Selain itu, potensi pasar yang luas di kalangan usia produktif dan generasi milenial akan menambah daya tarik industri ini. Berbagai macam produk yang bisa dihasilkan, di antaranya tas, sepatu, dompet, belt hingga aksesoris. 

Selain potensi di pasar lokal, potensi ekspor pun terbuka lebar. Apalagi memasuki era digital yang makin mempermudah  para stakeholder industri ini menjalankan perannya. Mulai dari peternak, distibutor, penjual aksesoris, penjahit, pemilik brand hingga konsumen. 

Akarsana & co bekerja sama dengan Skills.id bakal berbagi ilmu soal industri kulit yang bisa dikembangkan dalam berbagai bentuk bisnis lewat kelas The Leather Startup: Explore and Maximize The Industry. 

Dalam kelas ini, para peserta akan dijelaskan bagaimana cara untuk memulai usaha yang bergerak di bidang industri kulit. Terdapat berbagai macam cara ataupun model bisnis yang dapat dikembangkan melalui industri tersebut.

Peserta juga dapat belajar mengenai aspek penting dalam industri kulit, mulai dari yang paling dasar seperti pemilihan tipe bahan kulit hingga teknik jahit dasar menggunakan mesin. Semua dapat diimplementasikan bagi peserta yang berencana memulai bisnis brand atau bahkan vendor produk berbahan dasar kulit. 

Pada waktu yang sama, para peserta workshop juga dapat mempraktikkan langsung cara menjahit dompet model card holder. Praktik tersebut akan diarahkan langsung oleh penjahit dari Akarsana & co.

Proses praktik akan dimulai dari sesi pemotongan pola dan kulit, dilanjutkan dengan praktik menggunakan skiving machine, hingga proses menjahit menggunakan mesin jahit walking foot.

Selain kedua hal tersebut, melalui workshop The Leather Startup, peserta dapat menjalin networking dengan sesama peserta workshop ataupun bertukar kontak dengan trainer untuk sharing lebih lanjut. Diharapkan dapat terjalin yang hubungan berkesinambungan antar-peserta seminar. 

Tak lengkap rasanya kalau bisa memproduksi tapi belum paham bagaimana cara memasarkan. Kelas ini juga akan membahas sedikit insight mengenai cara branding di sosial media untuk menarik konsumen potensial sesuai target market. 

Cara ini merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan brand awareness dari brand terutama suatu brand yang baru berdiri.

Tak hanya dari segi online marketing, tips and trick offline marketing yang efektif pun bakal dibeberkan di kelas ini. Beserta bahasan soal sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) yang sesuai hingga bisa maksimal dari sisi input/orderan maupun output/hasil akhir produksi.

Untuk informasi lebih lengkapnya nanti akan dikupas tuntas secara menyeluruh dan komprehensif di kelas “The Leather Startup : Explore and Maximize The Industry”. Nah, penasaran kan Sobat Skills seperti apa workshop-nya? Yuk, daftar kelasnya dari sekarang. See you there guys! (adv)

Share :

0 Comments Leave a comment