Digital Marketing

Inilah 5 Alasan Kenapa Keahlian Menulis Harus Dikuasai Saat Ini

Bukan lagi mengejutkan saat dunia semakin berubah, maka keahlian pun mesti bertambah. Tuntunan pekerjaan membuat kita semakin giat belajar dan bekerja. Ada hal yang perlu kalian sadari, kalau sekarang adalah Abad 21. Di mana ada keahlian yang harus kalian kuasai agar tak ketinggalan zaman. 

Dalam buku Sefl-Driving dikatakan kalau 4 keahlian abad 21 adalah Creative Thinking, Critical Thinking, Good Communications, dan Collaborations.

Karena menulis termasuk good communications, maka kalian perlu memberikan atensi lebih terhadap keahlian menulis ini. Sebab sekarang sudah era digital yang semakin hari semakin canggih.

Setidaknya ada 5 alasan kenapa kalian mesti menguasai keahlian menulis. 

#1. Gaya Komunikasi Berubah

Berapa lama kalian berinteraksi di dunia digital? Seberapa sering kalian membalas chatting atau sekadar update status di Whatsapp, Facebook, Twitter, dan Instagram?

Sadarilah, dunia sekarang sudah berbeda. Apa yang disampaikan Vivian Ta dalam TEDTalks, kalau komunikasi 93 persen tidak terlalu berpengaruh saat berkomunikasi melalui chat atau di media lainnya. Sebab kita tidak melihat intonasi, mimik, dan gerak gerik tubuh. 

Maka dari itu, Vivian Ta menyampaikan untuk fokus terhadap apa yang dikatakan, bukan bagaimana cara mengatakannya. Karena soal how to (cara) itu melibatkan komunikasi non-verbal.

Saat kalian memutuskan untuk menguasai keahlian menulis, akan jauh lebih baik bila kalian menyadari apa yang kalian akan sampaikan. How to hanyalah masalah teknis saat kalian menyampaikan pesan yang kalian ingin sampaikan.

#2. Berbagi Pemikiran

Sekarang semakin banyak orang bersuara akan opininya, tapi sedikit di antara mereka tak membuat tulisan yang terstruktur dan disukai oleh pembaca. Kalian harus belajar bagaimana membuat struktur tulisan yang benar-benar membuat pembaca paham apa pesan kalian.

#3. Meningkatkan Kredibilitas

Kalau kalian menuliskan sebuah pemikiran, lengkap dengan referensi, dan rutin berbagi, maka ketika kalian melamar kerja dan mencantumkan blog kalian itu menjadi bukti kalian untuk meyakinkan HRD kalau kalian punya karya dan siap berkontribusi untuk perusahaan.

#4. Menjalin Relasi

Blog yang kalian bangun di digital ibarat kalian memiliki rumah. Hanya saja ini virtual tak kasat mata. Bila punya rumah berarti ada satu frasa “saling mengunjungi”. Ya, kalian bisa menjalin hubungan dengan blogger lainnya. 

Blogger datang dari profesi mana pun, ada yang karyawan, guru, hijbers, ibu-ibu, dan lain-lain. Kalian bisa bertukar pikiran dengan mereka. Bahkan untuk bergabung sebuah komunitas kalian diharuskan untuk menulis kenapa kalian ingin bergabung ke komunitas itu di blog kalian.

#5. Peluang Terbuka Lebar

Karena esensi digital marketing adalah konten. Dan ada tiga macam konten yang dibutuhkan oleh jagat digital, yakni tulisan, audio (podcast), dan video. Kalian bisa mengambil peluang untuk menjadi content writer. Karena saat ini terbuka lebar untuk itu melalui blog atau marketplace.

Nah, bila kalian tertarik belajar menulis yang keren, terstruktur, dan mau tulisan kalian jadi viral, kalian bisa ikut kelas “Content Mastery: Make Powerful Content” yang akan saya bawakan bekerja sama dengan skills.id. Di kelas tersebut kalian juga bisa belajar memahami esensi dari digital marketing yang ada di digital dan pastinya tetap dengan tulisan yang terstruktur. Jadi jangan sampai ketinggalan ya, daftar sekarang juga! (adv)

Share :

0 Comments Leave a comment