Digital Marketing

Kualifikasi Digital Marketing yang Diburu Perusahaan

Associate Director Michael Page, Imeiniar Chandra menyebutkan, salah satu soft skill yang diinginkan perusahaan dari kandidat digital marketing, yakni kemampuan komunikasi yang baik. Sementara, kemampuan teknikal yang ditekankan adalah kemampuan analisis.

“Kalau digital marketing perlu ada soft skill yang bisa relate karena yang namanya digital marketing kan enggak hanya digital marketing. Semua perusahaan pasti ada yang offline-nya juga, bagaimana mereka bisa bekerja sama dengan offline marketing, dengan tim-tim lain,” kata Imeiniar kepada TopCareer.id.

Menurut Imeiniar, digital marketing tergolong sesuatu yang baru untuk sebuah profesi di era digital ini. Sehingga, kata dia, harus paham pemasaran baik online yang banyak bermain dengan angka-angka, tapi juga pemasaran offline yang baik seperti apa.

Presiden perusahaan konsultan human resources berbasis di Amerika Serikat, Randstad Proffesionals, Jodi Chavez juga mengatakan bahwa kemampuan komunikasi di depan umum dan komunikasi dengan orang lain adalah soft skill yang paling dihargai kelima.

“Keterampilan komunikasi yang baik tentu saja penting, 38 persen dari perekrut mencari keterampilan ini. Komunikasi yang buruk dapat menyebabkan kesalahpahaman dan bahkan memperlambat alur kerja, mencegah perusahaan bergerak maju,” kata Jodi Chavez dalam laman Fast Company.

Selain soft skill, kemampuan teknikal tentu jadi hal penting ketika perusahaan mencari kandidat digital marketing. Masih menurut Imeiniar, seorang digital marketing harus punya kemampuan analisis yang hebat.

“Kalau digital marketing itu biasanya juga very strong di analytic-nya. Ya, lebih ke orang yang strong juga dengan numberAnalytical dan komunikasi harus bagus, jadi bisa bekerja sama dengan tim lain,” lanjut Imeiniar.

Menurut laporan The Economist Intelligence Unit and Marketo, kemampuan digital marketing ditekankan pada beberapa hal, salah satunya kemampuan analisis yang baik dan perlu dikembangkan.

Titik berat kemampuan yang harus ditingkatkan terkait pekerjaan digital marketing, yakni digital engagement dan teknologi 39 persen, strategi pemasaran dan perencanaan 38 persen, analisis data 32 persen, user experience 27 persen, kemampuan iklan dan branding26 persen, dan kreativitas serta grafis 16 persen.

Share :

0 Comments Leave a comment