Digital Marketing

Menembus Halaman Pertama dengan Media Pemasaran Youtube

Youtube sebagai media promosi

Menurut statistik, Youtube memiliki lebih dari satu miliar pengguna, yakni hampir sepertiga dari semua pengguna internet. Setiap hari orang menonton ratusan juta video setiap jamnya di Youtube dan menghasilkan miliaran kali penayangan. Jadi, pemasaran lewat media sosial satu ini dinilai bisa jadi alat pemasaran produk yang efektif .

Saat ini, Youtube lebih banyak digunakan sebagai media promosi branding baik perusahaan maupun individu dibandingkan sebagai media promosi produk. Apalagi saat ini Youtube juga telah berkembang dengan pesat.

Selain itu, jumlah orang yang menonton Youtube per hari naik sebesar 40 persen sejak Maret 2014 dan jumlah pengguna yang mengunjungi Youtube naik lebih dari 3 kali lipat per tahun. Youtube juga menjadi mesin pencari terbesar kedua di dunia, setelah Google dan merupakan media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak setelah Whatsapp.

Ditambah lagi ada banyak kelebihan jika melakukan pemasaran lewat media Youtube seperti bisa mendemonstrasikan keunggulan produk yang dijual, bisa menciptakan komunitas baru, menghemat bandwidth, bisa menunjukkan ‘personality’ brand, mampu menjadi media kegiatan. 

Selain itu, dapat memecahkan masalah konsumen dengan tutorial yang banyak disediakan. Jadi, tak salah rasanya untuk memilih Youtube sebagai media promosi produk.

Akan makin efektif apabila video Youtube yang dibuat bisa berada di halaman pertama mesin pencari Google. Seperti yang kita ketahui, pada tampilan halaman pencarian Google terdapat website, gambar, video, berita, dan peta

Website sendiri terdiri dari dua, yaitu yang berbayar dan yang gratis. Dari antara dua jenis tersebut, yang menjadi pembeda paling mencolok adalah tingkat kecepatan akurasi untuk sampai di halaman pertama Google.

Dengan berada di halaman pertama Google maka suatu website atau blog akan lebih mudah dan cepat ditemukan calon pembeli sehingga kesempatan atau peluang untuk melakukan penjualan akan semakin besar.

Hal itu terjadi karena konsumen saat mencari produk untuk dibeli pada umumnya hanya membuka Google pada halaman satu dan dua saja. Dengan banyaknya tingkat persaingan website di halaman pertama Google maka semakin sulit bagi pemula untuk bisa berada di sana. 

Nah, selain website itu, media sosial seperti Youtube juga bisa dimanfaatkan agar bisa tampil di halaman pertama Google. Hal itu dikarenakan konten video belum banyak dilirik sebagai media promosi produk.

Pertanyaannya sekarang, apa yang akan kalian lakukan? Diam di tempat menunggu karena masih kurang yakin dengan media sosial yang satu ini dan terus mendalaminya terlebih dahulu atau mengambil peluang ini dan langsung melakukan action untuk memperluas pemasaran bisnis kalian?

Bingung bagaimana caranya? Kalian bisa mempelajarinya dengan mengikuti kelas Menembus Halaman Pertama dengan Media Pemasaran Yotube yang akan saya bawakan bekerja sama dengan Skills.id. Catat tanggalnya dan jangan sampai lupa ikut kelasnya ya! (adv)

 

Share :

0 Comments Leave a comment