Digital Marketing

Panduan Digital Marketers untuk Lulusan Baru

Digital marketers pemula

SKILLS.ID - Menjadi seorang digital marketer merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan untuk para lulusan baru. Menurut data dari Marketing Hiring Trends 2017, sekitar 44 persen perusahaan di Amerika Serikat tertarik untuk memperkerjakan lebih banyak digital marketer dibanding dengan sebelumnya. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum memasuki dunia digital marketing seperti jenis-jenis praktiknya, sertifikasi digital marketing, hingga skill khusus yang dapat menunjang kariermu di bidang ini. 

Pengertian

Digital merketing, atau pemasaran digital sendiri merupakan sebuah strategi promosi yang dapat menjangkau konsumen dengan tepat waktu dan konten yang sesuai dengan minat calon konsumen dengan menggunakan internet sebagai media promosi. Promosinya bisa melalui social media maupun Youtube dan Google. Orang yang menangani digital marketing disebut sebagai digital marketing manager atau digital marketing specialist.

Jenis

Dalam dunia digital marketing, ada beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai keinginan. Salah satunya adalah Search Engine Optimization (SEO) yang bertugas mengoptimasi dan meningkatkan ranking website bisnis atau produk di search engine secara organic. Selain itu juga terdapat Search Engine Marketing (SEM) dan Google Display Network (GDN) yaitu sebuah layanan dari Google untuk beriklan di search engine tersebut (SEM) maupun di banner website sesuai dengan data pengguna.

Social media juga dapat dipakai untuk beriklan baik secara organic maupun berbayar. Beberapa jenis digital marketing lainnya yang dapat berguna dalam pemasaranmu meliputi content marketing, email marketing, dan mobile advertising.

Sertifikasi

Seperti halnya beberapa pekerjaan pada umumnya, ada beberapa sertifikasi yang harus dimiliki agar kampanye digital marketing bisa sukses. Tidak perlu membayar kocek mahal untuk mendapatkannya, beberapa diantaranya bisa didapat melalui internet secara cuma-cuma. 

Google sendiri memiliki beberapa sertifikasi untuk beberapa tools digital marketing yang disediakan oleh raksasa internet itu. Beberapa diantaranya adalah Google Digital Garage sebagai video training digital marketing sebelum mendapatkan sertifikasi yang dapat diakses di Google Online Marketing Challenge.

Google sendiri juga menyediakan Academy for Ads sebagai website pelatihan untuk layanan Adwords dan Analytics sebelum mendapatkan sertifikasinya masing-masing. Selain Google, Facebook juga menyediakan sertifikasi untuk beriklan di sosial media tersebut melalui Facebook Blueprint.

Peralatan

Ada beberapa tools yang dapat digunakan untuk beriklan di ranah digital marketing. Seperti dijelaskan diatas, Google menyediakan tools seperti Google Adwords dan Analytics untuk menunjang campaign digital marketing anda. Adwords sendiri berfungsi untuk merancang campaign SEM, GDN, Youtube ads,dan sebagainya. Sedangkan Analytics berguna untuk memonitor dan menganalisa traffic website. Selain itu, tersedia Facebook ads manager untuk mengorganisasi iklan di Facebook dan Instagram, Hootsuite dan Bumper untuk mengorganisasi social media serta MailChimp untuk menunjang email marketing. 

Skill khusus

Di luar tools diatas, para digital marketer juga membutuhkan skills khusus untuk menunjang campaign digital marketing. Diperlukan analisis yang tajam, visualisasi data yang baik, serta pondasi technical skill yang kuat agar campaign yang dicanangkan berjalan dengan baik. Selain itu, aktif di social media, tim dan mengikuti perkembangan zaman juga diperlukan di dunia digital marketing.

Share :

0 Comments Leave a comment