Music

Ragam Genre Favorit Millenial Ciptakan Peluang

Genre musik favorit millenials

SKILLS.ID - Perubahan zaman berdampak juga pada perubahan tren terhadap berbagai bidang, tak terkecuali musik. Ada pergeseran tren musik, dimana perubahan perilaku dan perkembangan teknologi membuat terciptanya genre-genre musik baru yang diminati millenial.

Generasi millenial bisa dikatakan lebih tertarik mendengarkan musik-musik yang gembira, positif, dan semangat. "Orang ingin melarikan diri dari semua hal-hal negatif yang terjadi di dunia, mereka ingin menari, mereka ingin memiliki waktu yang baik," kata Pitbull, Rapper Amerika, seperti dikutip Univision Communications Inc

Oleh karena itu, wajar jika genre-genre musik di bawah ini menjadi toplist genre musik favorit millenial. Tak hanya itu, genre musik ini menciptakan peluang karier serta usaha baru di industri musik bagi kalian yang memang benar-benar menguasainya.

Pop

Pop bisa dibilang merupakan genre musik yang timeless, alias tidak lekang dimakan waktu sehingga tidak mengherankan kalau pop masuk ke dalam genre musik favorit millenial. Saat ini, genre musik pop yang berasal dari Korea Selatan (K-Pop) jadi salah satu jenis musik yang banyak disukai oleh millenial.

Perkembangan musik serta selera anak muda pun membuat genre pop menciptakan banyak peluang baru di industri musik. Hal ini terlihat dari genre musik pop yang dihasilkan kini banyak yang bercampur dengan genre musik lainnya seperti pop-rock, pop-hip-hop, dan juga pop-rap.

Electronik

Ini dia genre musik baru yang muncul akibat kemajuan teknologi masa kini. Musik elektronik yang paling dikenal oleh para millenial zaman now biasa disebut sebagai EDM (Electronic Dance Music). Genre musik ini jadi favorit millenial yang wajib ada di playlist lagu mereka.

Lantaran punya tempo musik yang upbeat dan lebih bersemangat, EDM kerap diidentikkan dengan semangat millenial dan cocok untuk party. EDM pun bisa dibuat lewat software musik langsung sehingga membuat penciptanya lebih mudah menyebarkan musik mereka.

Banyaknya variasi musik EDM yang bisa dieksplorasi, serta banyaknya festival musik EDM yang terselenggara, membuat peluang baru di industri musik satu ini. Sebut saja profesi disc jockey yang sekarang banyak digandrungi anak muda. 

Dubstep

Dubstep adalah genre musik programming yang berasal dari Inggris. Dubstep terdengar seperti perpaduan dentum beat rusak yang mengkombinasikan heavy bass, synthesizer, keyboard, turntables, dan hard-hitting drum tracks antara 2 step garage, drum and bass, jungle, techno, dan reggae dengan BPM hingga 140. 

Dubstep menjadi sebagai salah satu genre musik favorit millenial karena karakter musiknya yang memiliki beat yang tak beraturan sehingga terdengar fresh di telinga milleial. Musik jenis ini juga dianggap menggambarkan rasa gembira, positif, dan semangat. Genre musik dubstep pun ikut menciptakan banyak peluang baru di industri musik saat ini.

Rap dan Hip Hop

Musik rap atau hip hop merupakan salah satu jenis musik yang menggunakan banyak sekali kata-kata dalam setiap irama musiknya. Biasanya genre musik ini juga akan dicampurkan dengan jenis musik lain, seperti musik electronic sehingga masuk dalam selera millenial.

Duet antara berbagai rapper dan DJ pada salah satu genre musik favorit millenial ini pun membuat kedua profesi tersebut sering dipanggil untuk mengiringi berbagai acara dan kedua profesi tersebut semakin tenar. Jadi, sah saja mengatakan bahwa genre musik ini akan menciptakan banyak peluang baru di industri musik

Share :

0 Comments Leave a comment