Digital Marketing

Tips Ampuh Jamin Kesuksesan Digital Marketing

SKILLS.ID - Saat ini, pemasaran iklan via jalur digital marketing dinilai jauh lebih efektif dibanding media tradisional menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Nielsen. Riset ini bisa dikatakan masuk akal mengingat tidak seperti iklan yang ada di majalah atau iklan lewat selebaran brosur, strategi pemasaran melalui media digital berbasis online atau yang dikenal sebagai digital marketing dapat diukur secara lebih tepat bahkan real-time.

Digital marketing dapat membuat kita mengetahui dengan jelas berapa lama iklan video sebuah produk ditonton, berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan, dan tentunya mampu mengevaluasi mana iklan yang baik dan tidak. Kemampuan untuk melakukan tracking ini juga membantu sebuah perusahaan mengatur budget untuk iklan.

Selain berbagai kemudahan yang ditawarkan, keuntungan lain dari digital marketing adalah luasnya jangkauan geografis. Hanya dengan beberapa klik saja, konten suatu produk sudah bisa disebarkan ke seluruh dunia. Nah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar digital marketing bisa berhasil. Berikut tips ampuh yang menjamin kesuksesan digital marketing:

Fokus pada konten yang menarik perhatian

Konten- konten yang berupa humor, hal-hal yang mengejutkan, dan yang memiliki kekuatan emosional lainnya disukai oleh banyak orang. Hal ini pun akan memengaruhi orang untuk membagikan konten-konten tersebut kepada orang lain.

Konten yang ditampilkan harus cepat diserap, mudah dicari, dan conversation friendly sehingga akan terus dibahas dari mulut ke mulut dimana pun dan kapan pun. Ini yang harus disadari dan diperhatikan oleh para sales agar dapat memaksimalkan digital marketing.

Ketepatan waktu saat mengunggah konten

“The right man, in the right place, at the right time, can steal millions.” Kata-kata dari Gregory Nunn tersebut memang benar adanya. Tentu kita semua tau bahwa waktu tidak akan terulang dan suatu waktu erat kaitannya dengan suatu momen.

Sebuah campaign wajib diluncurkan pada saat yang pas, di kala waktu yang ideal terutama saat orang memang tengah menghabiskan waktunya secara online. Riset menunjukkan bahwa orang gemar untuk online pada jam berangkat kerja, makan siang, dan sebelum tidur. 

Berkolaborasi dengan artis dunia maya

Istilah influencer pastinya sudah tidak asing lagi saat ini. Nah, menggunakan seseorang yang terkenal dan mempunyai banyak fans sebagai sarana untuk merekomendasikan atau mengiklankan suatu produk bisa jadi salah satu strategi digital marketing yang efektif.

Faktanya, sekitar 25% pemasaran dari mulut ke mulut berasal dari 10% populasi yang paling aktif dalam membuat konten endorsement. Apalagi sekarang semakin banyak influencer yang kreatif dan punya cara unik mereka sendiri untuk meluncurkan iklan ke para penontonnya.

Konten bersponsor yang dibuat para influencer ini biasanya dikemas secara soft-selling yang terasa alami sehingga bisa membangun kepercayaan ke konsumen. Hal itu bisa diperkuat dengan mencari influencer yang sejalan dengan merek yang ditawarkan, misalnya influencer dengan gaya hidup sehat mempromosikan produk kesehatan.

Jangan lupa untuk memilih influencer yang sesuai dengan kemampuan finansial perusahaan dan pastikan bahwa followers mereka sesuai dengan target konsumen perusahaan sehingga cara penyampaian atau gaya bahasa iklan akan sesuai dengan pasar. Saat ini juga sudah banyak layanan yang bisa menghubungkan pihak pengiklan dengan influencer yang cocok.

Pikirkan selera pelanggan setia

Website, sosial media, aplikasi, atau apapun yang dimiliki suatu merek bisa dibilang adalah citra dari perusahaan tersebut sehingga pengunjung reguler halaman utama suatu merek harus terus mendapatkan konten yang fresh untuk dilihat. Selain itu, konsumen cenderung senang membagikan konten yang didapat, baik lewat sosial media atau bercerita langsung ke teman.

Perlu diingat pula bahwa faktor utama dari penjualan itu tetap adalah manusia karena kita menjual barang ke manusia. Jadi strategi digital marketing yang digunakan harus menekankan pada konten dan manusianya. Bagaimana pun caranya, manusia diprioritaskan dan suatu merek dipaksa untuk mengetahui cara kerja pikiran konsumen.

Pentingnya user interface dan user experience

Menggunakan digital marketing sebagai pilihan untuk pemasaran suatu produk berarti sudah siap untuk bermain dengan data karena segala proses pemasaran ini bisa dibilang berdasarkan oleh data. Namun, bagaimana data yang dimiliki bisa diterapkan ke dalam user interface dan user experience-lah yang menjadi patokan kesuksesan digital marketing.

Belum lagi sebagian besar user sudah bosan dengan konten yang itu-itu saja. Saat ini, orang lebih menaruh perhatian ke sesuatu yang memberikan pengalaman lebih, dimana mereka bisa merasakan pengalaman baru di dunia digital. Mencoba membuat sesuatu sesuai pengalaman yang user inginkan bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan brand engagement.

Kampanye yang diluncurkan harus lebih bersifat personal

Mulai dari e-mail marketing hingga pemasangan iklan digital yang bergaya otentik akan membuat pelanggan lebih menghargai dan mempercayai kampanye yang dipersonalisasi semacam itu.

Hal ini bisa jadi strategi mutakhir mengingat para konsumen kini telah jauh lebih cerdas dalam memutuskan pilihan ketika membeli. Libatkan dan manfaatkan bahasa asli konsumen (kalau perlu bahasa daerah, bukan bahasa internasional) dalam iklan yang akan dibuat.

Share :

3 Comments Leave a comment

  • Yon 16 July 2018

    Mantap

    Reply
  • Katherine 16 July 2018

    Mantaaap luar biasa artikelnya sangat membantu bisnis saya, semoga kedepannya selalu share tips tips menarik mengenai cara mengembangan bisnis saya, terima kasih SKILLS ????????

    Reply
  • Asep 16 July 2018

    Good

    Reply

Leave a Comment