Music

Musisi Indonesia yang Sukses di Usia Muda

Musisi Muda yang Sukses

SKILLS.ID“Kemudian saya juga sangat berterima kasih kepada Memes, istri saya, zaman itu zaman saya muda saya selalu gagal pacaran karena orang tua mereka selalu melarang anaknya pacaran sama anak band, sama musisi, karena masa depan tidak jelas, dan Memes akhirnya satu-satunya yang percaya bahwa masa depan musisi itu jelas dia bilang,“ ujar Addie MS saat mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement of The Year pada acara NET 2.0 Indonesian Choice Awards 2015.

Mungkin apa yang diucapkan Addie MS ketika itu sudah sering kita dengar, tapi kenyataannya hingga saat ini berprofesi sebagai musisi masih saja dipandang sebelah mata. Padahal stereotype itu bisa dinilai keliru sebab pada kenyataannya banyak musisi Indonesia yang sukses di usia muda.

Nama-nama di bawah ini membuktikan bahwa mereka mampu menjadi musisi Indonesia yang sukses di usia muda dan menciptakan keyakinan bahwa siapapun punya peluang untuk sukses. Siapa saja mereka?

Joey Alexander

Namanya mulai ramai dibicarakan di Indonesia pada saat meraih prestasi gemilang di kancah Internasional. Pianis jazz muda Indonesia ini mendapat dua nominasi Grammy Awards pada 2016, yaitu Best Improvised Jazz Solo dan Best Jazz Instrumental Album. Sementara pada 2017, Joey mendapatkan nominasi di Best Improvised Jazz Solo.

Dengan prestasinya itu, Joey turut mengharumkan nama bangsa, apalagi jadi musisi Indonesia pertama yang tampil di panggung Grammy Awards. Prestasi yang membanggakan tersebut membuat wajar rasanya bila Joey diganjar dengan predikat salah satu musisi Indonesia yang sukses di usia muda.

Brian Imanuel

Para penikmat musik khususnya genre hip hop pasti sudah tidak asing lagi dengan seorang musisi yang dahulu dipanggil dengan nama Rich Chigga. Baru memasuki usia 18 tahun, ia telah berhasil menggebrak panggung musik Internasional.

Lewat lagu berjudul ‘Dat $tick’, Brian Imanuel atau yang sekarang dikenal sebagai Rich Brian berhasil melambungkan namanya sampai ke Amerika Serikat. Hal itu juga menjadi jalan pembuka bagi rapper asal Jakarta ini dalam menapaki kariernya sebagai musisi kelas internasional dengan berkarier di Hollywood.

Hasil kerja kerasnya pun terbayarkan karena album pertamanya bertajuk ‘Amen’ yang rilis pada Februari 2018 sukses merajai puncak tangga iTunes untuk musik hip hop, mengalahkan milik Kendrick Lamar dan menjadi puncak karir bagi Brian. Jadi, siapa yang masih berani meragukannya sebagai salah satu musisi Indonesia yang sukses di usia muda?

Eka Gustiwana

Ketika berbicara tentang sosok Eka Gustiwana, mungkin yang terlintas di benak pertama kali adalah pengaransemen video speech composing milik Arya Wiguna pada 2013 yang menggegerkan dunia musik Indonesia dan menjadi viral. Keberhasilan video itu memang membuat Eka dicap sebagai masternya speech composing Indonesia, tapi perjalanan musiknya sebenarnya dimulai jauh sebelum itu.

Sejak usia 11 tahun, Eka kecil sudah diperkenalkan alat musik gitar oleh sang ayah. Meski begitu, ternyata Eka lebih tertarik dengan alat musik keyboard dan piano, alat musik yang akhirnya ia sampai sekarang. Ketika lulus SMA, Eka lebih memilih untuk langsung bekerja di bidang musik sebagai pengamen kafe dibanding melanjutkan kuliah.

Keuletan dan kegigihan yang dimiliki Eka membuatnya pelan-pelan berhasil menciptakan studio musik kecil sendiri dan membeli peralatan produksi musik digital dari uang tabungan hasil pentas. Dari situlah, Eka terus memproduksi berbagai karya berkelas lewat talenta yang ia punya dan berhasil memenangkan berbagai lomba jingle hingga membawanya menjadi salah satu musisi Indonesia yang sukses di usia muda seperti saat ini.

Tesla Manaf 

Seperti yang kita ketahui, musik jazz memiliki beberapa genre antara lain genre akustik progresif atau neoklasik. Ternyata ada seorang musisi muda asal Indonesia yang bermain gitar dalam genre akustik progresif tersebut lho, namanya Tesla Manaf

Sekalipun ia merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Padjadjaran, namun sejak usia 4 tahun ia sudah terbiasa mendengarkan musik yang sering diputar ayahnya. Pada usia 9 tahun, Tesla pun sudah mulai belajar main gitar sendiri lalu memperdalamnya melalui sekolah musik. Tidak aneh rasanya jika di saat usianya masih muda seperti sekarang, ia telah menjadi salah satu musisi yang diperhitungkan berkat keunikan yang dimilikinya.

Keunikannya itu pula yang akhirnya menarik minat perusahaan rekaman ‘Moonjune Records’ asal Amerika Serikat untuk merekam dan memasarkan album kelima Tesla pada akhir 2014. Wah, kalau sudah begitu, pantas saja jika Tesla dikatakan sebagai salah satu musisi Indonesia yang sukses di usia muda.

Dipha Barus

Pernah dengar lagu ‘No One Can Stop Us‘ yang dinyanyikan oleh Kalulla? Siapa sangka pada awalnya kalau lagu tersebut adalah hasil karya dari anak bangsa? Hits yang berhasil mengguncang dunia musik tanah air itu adalah buah pikiran seseorang bernama Dipha Barus.

Sejak saat itu, disc jockey yang ternyata juga merupakan komposer dan produser asal Indonesia satu ini mulai dikenal padahal usianya masih terbilang muda. Dipha Barus sendiri telah mulai bermain musik sejak masih SD dan ia terus menggali referensi serta memperdalam ilmu musiknya dengan terus belajar dan berlatih.

Bisa dibilang saat ini Dipha Barus adalah salah satu The Best Electronic DJ di Indonesia. Ditambah dengan raihan berbagai penghargaan yang ia terima, maka rasanya pantas jika Dipha Barus disebut sebagai salah satu musisi Indonesia yang sukses di usia muda. 

Share :

0 Comments Leave a comment