Digital Marketing

Permintaan Pekerja Digital Marketing Terus Naik

TOPCAREER.ID – Menilik tren permintaan digital marketing di Amerika Serikat, laporan Marketing Hiring Trends 2017 menyebutkan bahwa 44 persen dari perusahaan berencana untuk mempekerjakan lebih banyak pemasar. Sebesar 56 persen perusahaan yang melakukan perekrutadi 2017 menginginkan keahlian bidang digital marketing.

General Manager The Left Bank, Mark Ashbridge menanggapi kenaikan angka-angka itu. Ia mengartikan bawa digital marketing semakin matang. Menurut Mark, keterampilan terkait digital marketing semakin diminati. Perusahaan ingin menggerakkan upaya pemasaran dengan memperkuat penawaran lewat digital marketing.

“Saat ini, ada peran (pekerja digital marketing) tingkat menengah hingga senior yang tersedia. Sangat mungkin bahwa dengan kualifikasi yang tepat, orang-orang itu akan menjadi kepala pemasaran masa depan kami belum melihat kemajuan mereka.”

Dalam laporan itu juga menemukan bahwa antara 2015 dan 2016, karyawan digital marketing tumbuh sebesar 19 persen, 42 persen dari mereka merekrut untuk posisi permanen.

Mark berpendapat, banyak perusahaan yang kini tengah menyelaraskan antara strategi pemasaran online dan offline dengan cara yang lebih efektif. Lima tahun lalu, kata dia, perusahaan-perusahaan mulai melihat masa depan cerah dengan melakukan digital marketing.

“Sekarang setiap bisnis harus memiliki kapabilitas digital marketing. Mereka membutuhkan keahlian digital, dan strategi digital marketing yang terus-menerus dioptimalkan,” kata Mark dalam The Left Bank.

Di Indonesia sendiri, menurut survei yang dilakukan Michael Page pada periode Maret 2016 sampai April 2017, ada kelonjakan kebutuhan tenaga atau lowongan pekerjaan di industri teknologi dan digital sebesar 60 persen.

Lonjakan itu juga sejalan dengan bertumbuhnya perusahaan e-commerce di Indonesia. Perusahaan e-commerce diperkirakan akan merekrut kandidat yang memiliki keterampilan digital dan pengetahuan tentang produk yang mumpuni.

“Dalam industri ini, harapan kandidat diterima di perusahaan mengalami peningkatan antara 20 sampai 30 persen ketika mereka beralih pekerjaan, tergantung ketersediaan. Kandidat yang terampil dalam optimasi mesin pencari dan social media akan sangat dicari,” dikutip dari Indonesia Salary and Employment Outlook 2017 dari Michael Page. 

Keterampilan yang dibutuhkan seputar digital marketing, yakni pembuatan konten serta kurasi untuk social media, Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing(SEM), termasuk fungsi pemasaran secara tradisional.

Sementara, keahlian yang paling banyak diminta adalah keahlian melakukan iklan digital sebesar 27 persen, pembuatan konten dan kurasi 23 persen, dan strategi konten 20 persen.

Share :

0 Comments Leave a comment