5 Hal Kenapa Kamu Harus Punya Skill

SKILLS.ID - Seringkali, skill dianggap tidak terlalu penting bagi pencari kerja atau pembuat bisnis. Padahal dalam dunia kerja, kemampuan (skill) menjadi hal utama yang dicari oleh perekrutmen perusahaan dan menjadi bekal tersendiri untuk memulai sebuah bisnis. Mulai dari skill di bidang seni, kecantikan, fashion, komputer, marketing, copywriting, dan lain sebagainya. Berikut Skills ID akan memberitahumu 5 hal kenapa kamu harus punya skill.

1)  Membuka Bisnis Sendiri

Mempunyai skill seperti skill memasak, memang menjadi suatu keahlian yang banyak disukai dan diminati oleh semua orang. Karena dengan mempunyai skill memasak, kamu dapat membuka sebuah bisnis sendiri, yaitu restaurant atau rumah makan.

Seperti dalam acara televisi Master Chef, para peserta dapat membuka restaurant atau katering di rumah dengan skill yang dimilikinya.

2)  Percaya Diri Ketika Melamar Pekerjaan

Ketika kamu melamar pekerjaan yang sesuai dengan skillmu, kamu pasti merasa percaya diri walaupun ada banyak pesaing di depanmu. Rasa percaya diri seketika muncul dalam dirimu walaupun suasana di tempat, ingin sekali membuatmu merasa takut.

Saat kamu ditanya, baik oleh calon karyawan lainnya ataupun saat di interview HRD, jika pekerjaan tersebut memang menjadi skillmu, kamu akan percaya diri dalam menjawab semua pertanyaan yang diajukan tanpa merasa tertekan.

Malah kamu akan merasa senang berbagi cerita tentang pengalaman di bidang skill yang kamu punya.

3)  Bangga Pada Diri Sendiri dan Menjadi Kebanggaan Bagi Orang Lain

Selain mendapat nilai bagus atau IPK tinggi, mempunyai suatu kemampuan (skill) juga dapat membuatmu bangga pada diri sendiri. Bangga karena mungkin teman atau keluargamu belum tentu memiliki skill yang kamu punya. Bangga karena skillmu menghasilkan sebuah karya.

Oleh karena itu, mereka juga akan merasa bangga pada dirimu. Jika kamu memiliki skill dalam bidang menulis, mereka pasti berkata, “wahh keren banget nih temen gue. Tulisannya udah dimuat di buku-buku”.

4)  Ingin Terus Belajar

Jika kamu punya skill, kamu pasti ingin terus belajar untuk mengasah skillmu itu. Kamu tidak ingin tertinggal satu langkah pun, kamu akan terus melatih dirimu sendiri untuk menjadi yang terbaik. Hal itu akan hadir dalam dirimu karena kamu tidak ingin menumbangkan perasaan bangga pada diri sendiri atau bagi orang lain.

Seperti halnya kalau kamu mempunyai skill di bidang kecantikan, awalnya kamu hanya bisa make up untuk sehari-hari. Namun, seiring berjalannya waktu banyak orang-orang yang membutuhkan Make Up Artist (MUA) untuk acara pernikahan. Karena hal itu, kamu pasti mempunyai keinginan untuk belajar tentang make up pengantin.

5)  Haus Akan Skill Lainnya

Satu skill yang kamu punya akan membuatmu merasa haus akan skill lainnya. Seperti contohnya, kamu ahli dalam bidang fotografi maka, kamu akan merasa bahwa kamu juga perlu menguasai teknik videografi.

Karena foto dan video editing saling berkaitan satu sama lain. Jadi ibaratnya skill adalah air, dimana kamu akan terus membutuhkannya untuk dipakai berbagai macam keperluan.

Share :

0 Comments Leave a comment

Hot Workshop! View All



Article! View All