skills id
12.jpg
Design

5 Tips Untuk Tingkatkan Keterampilan Desain Kamu

Skills.id - Tidak masalah seberapa baik ketermapilan desain kamu hari ini. Yang benar-benar penting adalah seberapa cepat kamu maju dan langkah apa yang kamu ambil setiap hari untuk meningkatkan keterampilan kamu.

Tidak pernah ada keterampilan hebat yang terjadi hanya dalam semalam. Dibutuhkan waktu berjam-jam, berhari-hari bahkan berbulan-bulan hingga tahunan dan ditambah latihan serta kesabaran untuk menguasai desain grafis.

Berikut ini ada lima tindakan dan rutinitas yang kamu bisa coba lakukan secara teratur untuk meningkatkan keterampilan dan menjadi desainer yang lebih baik.

1. Belajar mengidentifikasi desain yang bagus
Jika kamu ingin membuat desain yang hebat, pertama-tama kamu perlu belajar mengenali desain yang baik dari yang buruk. Biasanya ini datang dengan pengalaman. Semakin berpengalaman kamu sebagai seorang desainer, semakin cepat kamu dapat melihat mana desain yang lebih baik.

Kamu harus terus melatih diri untuk mengasah keterampilan berharga ini setiap hari. Aturannya sederhana kok, kamu bisa jelajahi proyek desain setiap hari. Mulailah hari dengan melihat pameran desain terbaru dan memeriksa karya desainer berbakat dan berpengalaman lainnya.

Pelajari potongan-potongan yang dirancang dengan baik dan coba jawab pertanyaan: "Apa yang membuatnya begitu bagus?" Fokus pada elemen desain tertentu (seperti bilah navigasi, bidang pencarian, tombol, dll.) dan bandingkan dengan contoh lain.

Coba tebak mengapa perancang membuat keputusan tertentu. Di akhir proses ini, buat sketsa ide kamu sendiri sesering mungkin.

2. Mempelajari teori desain
Semuanya bergerak sangat cepat dan jika kamu ingin tetap berada dalam permainan, kamu perlu mengetahui setiap hal baru dari sumbernya. Baca tentang teknik atau tren desain baru. Pelajari teori desain untuk menemukan pemahaman tentang apa yang kamu lakukan.

Jangan terlalu fokus pada bagaimana mencapai elemen visual yang trendi dalam desain kamu. Memang sangat menggoda untuk mencoba tutorial cepat Photoshop. Namun, itu tidak akan membuat keterampilan desain kamu jadi lebih baik.

Desain yang bagus tidak dimulai di Photoshop, itu dimulai di kepala kamu dan di atas kertas. Pahami teori desain terlebih dahulu dan tambahkan tampilan visual kemudian menggunakan berbagai tools dan aplikasi seperti Photoshop.

3. Miliki wadah sendiri
Ciptakan tempat untuk diri sendiri di mana kamu dapat mencoba hal-hal baru. Situs web kamu sendiri atau beberapa proyek pribadi lainnya biasanya merupakan tempat yang baik untuk memulai.

Perlakukan itu seperti eksperimen dan jangan takut menggunakan tata letak atau warna yang tidak biasa. Jangan puas dengan ide pertama yang muncul di pikiranmu. Desain kamu adalah taman bermainmu dan kamu juga menjadi bos bagi dirimu sendiri. Bersenang-senanglah dengannya dan jadilah kreatif.

Jika tidak memiliki proyek pribadi, buatlah proyek palsu dan berpura-puralah kamu sedang melakukan pekerjaan untuk seseorang. Jika kamu seorang pemula, proyek palsu itu bisa sangat membantu untuk membangun portofolio kamu.

4. Tingkatkan style kamu
Terkadang seorang desainer seperti seorang aktor dan harus memainkan peran yang berbeda tergantung pada proyek yang dia kerjakan. Namun, ada baiknya untuk menetap di sekitar kelompok klien tertentu yang cocok dengan gaya desain kamu.

Misalnya, kamu lebih suka desain yang bersih dan minimalis karena merasa pendekatan itu sempurna untuk bisnis, perusahaan, dan situs web yang sarat konten. Penuhi portofolio kamu dengan proyek-proyek semacam ini dan orang-orang biasanya tahu apa yang diharapkan dari kamu.

Cobalah untuk menemukan gaya kamu sendiri yang membuatmu merasa nyaman. Jika ada kelompok klien yang relatif besar  yang menganggap desain Anda menarik, berarti kamu berada di jalur yang benar. Terus tingkatkan gaya desain kamu dan perkenalkan elemen baru ke setiap proyek baru.

Pikirkan tentang gaya desain pribadi kamu sebagai merek dagang. Kamu ingin orang-orang mengenali karya kamu, dan hadiah terbaik adalah ketika desainer lain mencoba meniru karya kamu. Ini menjengkelkan tetapi kamu bisa bangga pada diri sendiri!

5. Berbagilah ilmu yang kamu punya dengan orang lain
Tahukah kamu, bahwa berbagi pengetahuan dengan mengajari orang lain adalah cara yang bagus untuk belajar juga. Misalnya, menulis artikel desain akan membantu mengatur pemikiranmu dan meninjau kembali pengetahuan yang telah kamu peroleh.

Mengajari orang lain juga memerlukan beberapa penelitian dan contoh, yang bahkan dapat menyebabkan kamu mengetahui topik baru lebih dalam dan lebih baik.

Kesimpulan
Lima tips ini lebih seperti tindakan yang perlu kamu lakukan secara teratur dan mengulanginya berulang-ulang. Bahkan jika kamu seorang desainer berpengalaman dan merasa berada di level yang sangat tinggi, kamu masih perlu mempelajari proyek desain lain, menyegarkan semua teori desain, mempelajari teknik baru, meningkatkan style kamu, dan berbagi dengan orang lain apa yang Anda miliki.

Jika kamu melihat perbedaan dengan setiap proyek baru, itu berarti kamu telah membuat kemajuan sangat cepat dan bergerak ke arah yang baik. Teruskan!

Bagi kamu yang masih baru mempelajari desain maupun yang sudah berprofesi dalam bidang desain grafis dan ingin meningkatkan keterampilan desainnya, gabung aja dengan pelatihan di Skills.id

Di Skills.id kamu bisa mengikuti pelatihan tentang desain grafis dan akan mendapat pengajaran dari mentor yang sudah berpengalaman. Bagi kamu pemegang kartu prakerja juga bisa mengikuti beragam pelatihan di Skills.id.

Tunggu apalagi, daftarkan segera dirimu di Skills.id dan tingkatkan keterampilan kamu.

Previous Post

The bedding was hardly able

Next Post

11 Tips to Help You Get New

Recent Posts

s1.jpg
Mau Jadi Desainer Grafis Handa...
30 Mar 2022
s1.jpg
Bagaimana Desain Yang Hebat Da...
15 Mar 2022
s1.jpg
5 Tips Untuk Tingkatkan Ketera...
14 Mar 2022
s1.jpg
Tips Jitu Tingkatkan Skill Des...
25 Feb 2022
s1.jpg
Hal Tersembunyi Yang Bisa Laku...
17 Feb 2022

Related Workshop