skills id
12.jpg
Business

Tips Sukses Memulai Bisnis Berjualan Kue Rumahan

Skills.id - Apakah kamu ingin memulai bisnis kue kering buatan sendiri dengan investasi rendah? pastikan kamu membuat rencana bisnis terperinci untuk memulai bisnis kue kering dan berjualan dari rumah.

 

Banyak orang suka dengan cemilan kue kering atau cookies. Dan selalu lebih baik jika ada yang bisa menjual kue buatan rumahan yang enak dan berkualitas.

 

Jika kamu hobi membuat kue kering dan bersemangat ingin mulai mendapat penghasilan dari passion kamu tersebeut, bisnis ini sangat cocok untukmu. Kamu juga bisa memulai bisnis ini dengan investasi kecil.

 

Selain itu, ibu rumah tangga juga bisa mendapatkan uang tambahan dari bisnis paruh waktu berjualan kue kering buatan rumahan ini. Berikut ini tips yang bisa kamu coba jalani untuk memulai bisnis kue kering buatan rumahan.

 

1. Pastikan Legalitas

Pertama-tama, periksa kewajiban perizinan dan pajak tentang rumah yang dijadikan tempat usaha di wilayah rumah kamu. Meskipun ini hanya berjualan makanan, namun kamu harus ingat bahwa setiap bisnis harus berhati-hati dengan perizinan khusus yang diminta oleh lembaga yang mengatur kegiatan usaha di setiap wilayah.

 

2. Pilih Niche Kamu

Niche adalah bagian dari sektor pasar yang sudah difokuskan dan ditargetkan. Tentukan audiens targetmu dan identifikasi ceruk pasarmy. Karena Anda memulai dengan investasi modal yang rendah, kamu tidak bisa melayani banyak konsumen.

 

Selain itu, ada ribuan merek terkenal di pasar. Dan siapa pun dapat membeli kue dari toko lain. Jadi, kamu harus membuat sesuatu yang istimewa yang tidak dapat ditemukan orang dari toko lain.

 

3. Pilih Nama Brand

Memilih nama brand atau merek bisnis yang terkait dengan apa yang kamu jual sangat membantu kesuksesan jangka panjang bisnis apa pun. Ini juga berlaku untuk bisnis kue rumahan. Jangan lupa untuk memeriksa bahwa nama yang dipilih belum menjadi merek dagang orang lain yang sudah dipatenkan.

 

4. Tulis Rencana Bisnis

Luangkan waktu sejenak dan mulailah menulis rencana bisnis untuk bisnis kue kering kamu. Aspek seperti produk, di mana kamu akan menjual, strategi harga, keuangan, rencana pemasaran harus disertakan dalam dokumen rencana kamu.

 

5. Kemasan

Pengemasan merupakan aspek penting dari setiap bisnis berbasis produk. Kamu harus mencoba kemasan yang unik namun tahan lama. Selain itu, kamu perlu memiliki pengaturan untuk pengemasan massal.

 

6. Harga Kue

Menentukan harga adalah aspek penting lainnya. Lebih mudah untuk menarik konsumen dengan underpricing. Namun, itu tidak baik dalam jangka panjang. Namun, kamu bisa menawarkan produk berkualitas baik kepada konsumen dengan harga yang kompetitif. Selain itu, kamu bisa menawarkan diskon untuk pembelian massal.

 

7. Online

Sebaiknya kamu membeli nama domain yang berhubungan dengan bisnis kue kering rumahan buatan kamu. Itulah aspek terpenting dalam memulai bisnis kue secara online. Nama domain yang relevan selalu membantu untuk mendapatkan posisi yang lebih baik di mesin pencari. Selain itu, kamu sebaiknya juga menjual di eCommerce.

 

8. Promosikan Bisnis Secara Online

Kamu tidak dapat menjual kue kering rumahan buatan kamu jika kamu tidak dapat menjual merek kamu. Pastikan segala sesuatu tentang merek kamu terlihat profesional. Dan kamu juga harus memiliki rencana yang solid tentang bagaimana kamu akan berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan tentang penawaran terbarumu.

 

Salah satu cara yang efektif mempromosikan bisnis kamu secara online adalah melalui media sosial seperi di Facebook, Instagram, TikTok, Pinterest, dll. Kamu juga harus memiliki blog di situs web kamu dan buat konten yang bermanfaat serta informatif bagi pengunjung web kamu.

 

Dapatkan Keterampilan Untuk Membuat Kue

Jika kamu sudah ahli dalam membuat kue maka itu bagus. Jika tidak, kamu bisa mengambil kelas kursus di Skills.id untuk mendapatkan keterampilan dan pengetahuan mmebuat kue kering sebelum memulai usahamu.

 

Di Skills.id kamu akan dilatih oleh trainer berpengalaman Ir. Petrus Gandamana, MM yang juga merupakan Founder and Director of Jakarta International Pastry Academy (JIPA).

 

Dalam pelatihan ini kamu akan mendapatkan ilmu mengenai hygiene dan sanitasi sampai K3. Kamu juga akan dibekali ilmu seputar bahan baku, alat - alat kerja yang digunakan dalam pembuatan kue kering, resep kue kering sampai cara menghitung bisnis sampai di titik impasnya dan proyeksi keuntungannya serta cara memasarkan bisnis kue kering ke pasaran.

 

Yuk, buruan daftar pelatihannya di Skills.id dan kembangkan keterampilanmu. Bagi kamu pemegang Kartu Prakerja dan ingin memulai usaha berjualan kue juga pas banget nih untuk ikut pelatihan ini.

Previous Post

The bedding was hardly able

Next Post

11 Tips to Help You Get New

Recent Posts

s1.jpg
Ini Pentingnya Mengembangkan K...
08 Apr 2022
s1.jpg
Interview Kerja Sering Gagal? ...
25 Mar 2022
s1.jpg
Bagaimana Cara Meningkatkan Ke...
21 Mar 2022
s1.jpg
Top 10 Tips Untuk Presentasi Y...
10 Mar 2022
s1.jpg
Tips Sukses Memulai Bisnis Ber...
25 Feb 2022

Related Workshop