skills id
12.jpg
Business

Top 10 Tips Untuk Presentasi Yang Efektif

Top 10 Tips Untuk Presentasi Yang Efektif

 

Skills.id - Apakah kamu seorang presenter berpengalaman, atau masih baru memulai karier di bidang public speaking? Kamu harus selalu punya ide pengembangan diri agar keterampilan presentasi kamu di depan umum terus berkembang.

 

Bagaimana caranya kamu bisa membuat presentasi yang baik menjadi lebih efektif? Ini merupakan pertanyaan mendasar yang harus kamu bisa carikan solusinya jika kamu ingin mengadakan presentasi di depan umum.

 

Untuk membuat presentasi menarik dan bisa menyampaikan serta mempengaruhi audiens dengan baik, baca terus artikel ini untuk saran yang diterbitkan dari presenter ahli di seluruh dunia.

 

Berikut ini ada tips presentasi yang akan membantu kamu membawakan presentasi dengan sangat baik.

 

1. Tunjukkan Gairah Kamu dan Terhubunglah dengan Audiens

Sulit untuk rileks dan menjadi diri sendiri saat gugup. Tetapi, presenter hebat mengatakan bahwa hal terpenting adalah terhubung dengan audiens. Cara terbaik untuk melakukannya adalah membiarkan passion kamu terhadap subjek tetap bersinar.

 

Jujurlah dengan audiens tentang apa yang penting bagi kamu dan mengapa itu penting. Jadilah antusias dan jujur, dan penonton akan merespons.

 

2. Fokus pada Kebutuhan Audiens

Presentasi kamu perlu dibangun dalam hal yang audiens akan dapatkan dari presentasi yang kamu sajikan. Saat mempersiapkan presentasi, kamu harus selalu mengingat apa yang dibutuhkan dan ingin diketahui audiens, bukan apa yang dapat kamu sampaikan kepada mereka.

 

Saat Anda memberikan presentasi, kamu juga harus tetap fokus pada respons audiens dan bereaksi terhadapnya. Kamu perlu membuatnya mudah bagi audiens untuk memahami dan merespons.

 

3. Berkonsentrasilah pada Pesan Inti

Saat merencanakan presentasi, kamu harus selalu mengingat pertanyaan "Apa pesan utama yang harus diambil oleh audiens saya?"

 

Kamu harus bisa mengomunikasikan pesan kunci itu dengan sangat singkat. Beberapa ahli merekomendasikan untuk menyampaikannya dalam 30 detik, kamu juga dapat menuliskannya di belakang kartu nama, atau mengucapkannya tidak lebih dari 15 kata.

 

Aturan mana pun yang kamu pilih, yang penting adalah menjaga pesan inti kamu tetap fokus dan singkat.

 

4. Tersenyum dan lakukan kontak mata dengan audiens

Ini terdengar sangat mudah, tetapi sejumlah besar presenter gagal melakukannya. Jika kamu tersenyum dan melakukan kontak mata, kamu sedang membangun hubungan baik, yang membantu audiens terhubung denganmu dan subjek kamu.

 

Ini juga membantu kamu untuk mengurangi rasa gugup, karena kamu berbicara dengan individu, bukan dengan banyak orang yang tidak dikenal.

 

5. Mulai dengan keyakinan kuat

Awal presentasi sangat penting. Anda perlu menarik perhatian audiens dan menahannya. Mereka akan memberimu waktu beberapa menit untuk menghibur mereka.

 

Jadi jangan sia-siakan untuk menjelaskan siapa kamu. Dan mulailah dengan menghibur mereka sebelum masuk ke sesi presentasi yang lebih mendalam.

 

6. Ingat aturan 10-20-30 untuk slideshow

Ini adalah tips dari Guy Kawasaki dari Apple. Dia menyarankan agar tayangan slide harus:

- Berisi tidak lebih dari 10 slide;

- Berlangsung tidak lebih dari 20 menit; dan

- Gunakan ukuran font tidak kurang dari 30 point.

 

Jika kamu perlu memberikan lebih banyak informasi, buat selebaran yang kamu buat lebih dahulu dan berikan setelah kamu presentasi.

 

7. Ceritakan cerita

Manusia diprogram untuk menanggapi cerita. Cerita membantu manusia untuk memperhatikan dan juga untuk mengingat sesuatu.

 

Jika kamu bisa menggunakan cerita dalam presentasimu, audiens kamu kemungkinan besar akan terlibat dan mengingat poin yang kamu sampaikan setelahnya. Ini adalah ide yang baik untuk memulai dengan sebuah cerita, tetapi ada poin yang lebih luas juga, yakni kamu perlu presentasi yang kamu sajikan untuk bertindak seperti sebuah cerita.

 

Pikirkan tentang cerita apa yang kamu coba sampaikan kepada audiens, dan buat presentasi kamu untuk menceritakannya.

 

8. Gunakan suara secara efektif

Kata yang diucapkan sebenarnya merupakan alat komunikasi yang sangat tidak efisien, karena hanya menggunakan salah satu dari panca indera audiens.

 

Itu sebabnya presenter cenderung menggunakan alat bantu visual juga. Tetapi kamu bisa membantu membuat kata yang diucapkan menjadi lebih baik dengan menggunakan suara secara efektif.

 

Memvariasikan kecepatan bicara dan menekankan perubahan nada, semuanya membantu membuat suara kamu lebih menarik dan menarik perhatian audiens.

 

9. Gunakan Tubuhmu Juga

Diperkirakan bahwa lebih dari tiga perempat komunikasi adalah non-verbal. Itu berarti bahwa selain nada suara kamu, bahasa tubuh sangat penting untuk menyampaikan pesan kamu.

 

Pastikan kamu menyampaikan pesan yang tepat. Bahasa tubuh yang harus dihindari termasuk lengan disilangkan, tangan dipegang di belakang punggung atau di saku, dan mondar-mandir di atas panggung.

 

Buat gerakan kamu terbuka dan percaya diri, dan bergerak secara alami di sekitar panggung dan di antara penonton juga,jika memungkinkan.

 

10. Santai, tarik napas, dan nikmati

Jika kamu merasa sulit untuk melakukan presentasi, akan sulit untuk bersikap tenang dan santai saat melakukannya.

 

Salah satu pilihan adalah mulai dengan berkonsentrasi pada pernapasan kamu. Perlambat, dan pastikan kamu bernapas sepenuhnya. Pastikan juga terus berhenti sejenak untuk bernapas selama presentasi berlangsung.

 

Jika kamu bisa membawa diri untuk bersantai, kamu hampir pasti akan tampil lebih baik. Jika kamu benar-benar dapat mulai menikmati diri sendiri, audiens akan menanggapinya dan kamu akan terlibat lebih baik.

 

Nah itulah sepuluh tips yang bisa kamu coba untuk melakukan presentasi yang efektif. Jika kamu masih merasa perlu banyak belajar, coba deh ikuti pelatihan presentasi untuk public speaking di Skills.id.

 

Jika kamu mendaftar pelatihan di Skills.id kamu akan mendapat pengajaran dari mentor yang berpengalaman, metode pembelajarannya pun mudah untuk dicerna dan dipraktikkan.

 

Kamu akan diajarkan untuk menyiapkan dan membuat presentasi, serta bagaimana cara melakukan praktik presentasi di depan umum. 

 

Yuk ikuti pelatihannya di Skills.id dan rasakan manfaatnya. Oh ya sobat Skills, Bagi kamu pemegang kartu prakerja juga bisa mengikuti pelatihan di Skills.id lho. Buruan daftar!

Previous Post

The bedding was hardly able

Next Post

11 Tips to Help You Get New

Recent Posts

s1.jpg
Ini Pentingnya Mengembangkan K...
08 Apr 2022
s1.jpg
Interview Kerja Sering Gagal? ...
25 Mar 2022
s1.jpg
Bagaimana Cara Meningkatkan Ke...
21 Mar 2022
s1.jpg
Top 10 Tips Untuk Presentasi Y...
10 Mar 2022
s1.jpg
Tips Sukses Memulai Bisnis Ber...
25 Feb 2022

Related Workshop