skills id
Overview
Course Description

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Kamu ingin belajar desain grafis tapi bingung mau memulainya dari mana ? 

Jangan kawatir saya hadir di workshop skill id yang akan memberikan pembelajaran bagi kalian yang ingin belajar desain .  

Belajar akan lebih cepat dan lebih berhasil jika kamu memiliki rasa ingin tahu yang besar.

What you'll learn

  • Kuasai dasar-dasar teknis untuk membuat komposisi menggunakan aplikasi grafis
  • Buat komposisi untuk media satu halaman

Requirements

  • Laptop yang Terinstal Adobe Photoshop & Zoom Call

What is price inclusive of

- 1x pertemuan

Term and conditions

  • Semua pembayaran tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat ditransfer ke workshop yang lain, akan tetapi Anda diizinkan untuk mentransfer tiket Anda kepada orang lain. Tolong beri tahu kami jika Anda menginginkannya.
  • Jika acara dibatalkan karena beberapa kejadian tak terduga oleh pendidik, kami akan mengembalikan pembayaran Anda sepenuhnya

Workshop Basic Design Graphic

Di era digital seperti sekarang ini ada banyak sekali bisan ilmu dan juga keahlian yang sudah berkembang, dan salah satunya adalah desain grafis. Anda yang memiliki hobi dan keahlian desain grafis tidak hanya memiliki peluang sebagai seorang desainer saja. Sekarang hampir semua perusahaan membutuhkan orang yang memiliki keahlian di bidang satu ini dan akan ditempatkan di posisi yang memiliki peran sangat menjanjikan.

Jika Anda tertarik dengan ilmu desain grafis, tapi Anda sendiri masih awam dalam hal ini, Anda bisa mencoba berbagai tips seperti di bawah ini

Memahami Berbagai Dasar Desain

Sebelum Anda mulai belajar mengenai desain grafis, Anda juga harus paham terlebih dulu mengenai berbagai dasar dari desain, seperti pengaturan warna, tipografi, dan simbol. Ketiga hal tersebut sangat wajib untuk Anda ketahui karena ketiganya menjadi pondasi dasar dalam membuat sebuah desain.

Anda juga harus memahami soal grid system yang merupakan sistem pembagian garis jika Anda menggunakan bantuan software dalam membuat desain grafis.

Pengetahuan seperti memahami berbagai istilah umum yang ada di dalam desain grafis juga sangat wajib untuk Anda miliki. Contohnya seperti color, font, kerning, palate, alignment, white space, background, hierarchy, foreground, dan lain sebagainya.

Jadi Anda harus memahami berbagai dasar dari desain sebelum mempelajari desain grafis. Dengan memahaminya maka Anda tidak akan mengalami kesulitan saat memulai mempelajari desain grafis ke depannya.

Menentukan Gaya Desain

Setiap orang memiliki gaya desain yang berbeda. Hal tersebut yang menjadikan desain grafis tidak memiliki patokan baku dalam membuat desain. Jadi setiap orang memiliki selera masing-masing dalam membuat desain. Karena itu, sebelum Anda mulai mempelajarinya, Anda harus bisa menentukan gaya desain yang akan Anda buat.

Contoh gaya desain yang Anda buat bisa diterapkan pada gaya membuat logo, ilustrasi, tipografi, dan lain sebagainya. Dengan begitu, gaya desain yang memang Anda inginkan bisa disesuaikan dalam karya yang Anda hasilkan.

Anda juga bisa jadi lebih ahli dalam membuat desain jika Anda sudah memiliki fokus tersendiri dalam mengembangkan kemampuan yang Anda miliki untuk salah satu gaya desain secara maksimal agar hasil karya Anda jauh lebih baik lagi.

Mencari Inspirasi

Jika Anda masih kebingungan pada saat menentukan gaya desain yang cocok dengan Anda, Anda bisa coba mulai mencari inspirasi yang ada di sekitar Anda. Misalkan terdapat beberapa orang di sekitar Anda dengan keahlian desain grafis atau bahkan ada beberapa desainer yang handal yang bisa Anda temukan di media sosial yang memang khusus untuk membagikan karya desain hingga cara kerja mereka, Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi.

Jika Anda bisa menemukan desain yang menurut Anda menarik, misalnya desain yang ada di Pinterest, Instagram, Behance, atau sumber lain yang memang menjadi media untuk berbagi karya desain grafis, Anda bisa menyimpannya dan menjadikannya sebagai referensi untuk karya Anda nantinya.

Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan inspirasi sehingga terhenti di tengah jalan saat mempelajari desain grafis. Ada banyak sumber inspirasi yang bisa Anda temukan di sekitar Anda. Apalagi internet sekarang ini menjadi media untuk membagikan berbagai hasil karya desain grafis yang bisa dengan mudah Anda jadikan sebagai sumber inspirasi

Membedah Proses Desain

Jika Anda sudah memiliki banyak contoh yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi, tidak ada salahnya untuk melakukan bedah proses desain yang ada pada hasil karya tersebut. Anda harus memperhatikan berbagai hal penting yang ada di dalam karya tersebut.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah bentuk dan pola garis yang dimilikinya, pemilihan warna dan juga berbagai aspek lain yang ada di dalam hasil karya tersebut.

Dengan memahami bagaimana seorang desainer membuat karya yang sedemikian rupa, Anda bisa menjadikannya sebagai cara untuk membuat Anda bisa terbiasa berpikir secara kreatif.

Membuat Ulang Desain

Anda tidak hanya membedah dan juga melihat berbagai karya desain yang dijadikan sebagai sumber inspirasi, tapi cobalah untuk membuat ulang karya desain tersebut sesering mungkin. Tidak perlu takut akan salah atau karya yang Anda hasilkan jadi jelek. Pasalnya, karya yang memang sudah bagus pasti dihasilkan dari beberapa kali percobaan secara terus menerus sampai akhirnya jadi karya yang sempurna.

Jika Anda sudah bisa membuat desain ulang atau menggambar karya yang Anda jadikan sebagai inspirasi, jangan sampai Anda menyebarluaskan atau mengklaim sebagai hasil karya original Anda sendiri karena hal tersebut bisa melanggar prinsip hak cipta

Anda juga bisa mencoba belajar dengan mengikuti berbagai tutorial desain yang sekarang ini tersedia secara bebas di YouTube atau berbagai situs desain lain. Biasanya terdapat berbagai langkah yang simpel dan bisa Anda ikuti dengan mudah sehingga saat mempelajarinya tidak akan membingungkan.

Selalu ingat bahwa untuk bisa menguasainya maka dibutuhkan proses yang tidak bisa dilakukan secara instan. Kuncinya adalah Anda harus bisa terus sabar dan tidak lelah berlatih.

Spesifikasi Pencarian

Jika Anda mengalami kesulitan pada saat membuat desain, bisa jadi Anda sedang membutuhkan bantuan. Jika memang terdapat kesulitan yang membuat langkah Anda terhambat, Anda bisa coba bertanya ke orang-orang yang ada di sekitar dan yang pasti orang yang lebih mengerti akan desain grafis sehingga bisa memberikan pertolongan

Namun, jika Anda hanya belajar sendiri atau otodidak, Anda bisa coba bertanya menggunakan mesin pencarian Google. Caranya adalah dengan mengetikkan kata kunci secara spesifik dan sesuai dengan kesulitan yang tengah Anda hadapi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jawaban yang sesuai dengan keinginan Anda

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda coba jika ingin mempelajari desain grafis. Selain tips di atas, Anda juga harus bisa menerima kritik dan saran karena keduanya sangat penting untuk memperbaiki kemampuan Anda dalam membuat desain. Apalagi sebagai pemula tentu saja sangat membutuhkan kritik dan saran.

Anda juga bisa meminta pendapat dari keluarga atau bisa juga teman yang ada di sekitar. Selain itu, jangan lupa mengunggah karya Anda ke media sosial sehingga orang lain bisa menikmati dan bisa memberikan kritik dan saran. Bisa jadi ada kritik dan saran dari desainer berpengalaman sehingga bisa memberi masukkan yang tepat untuk perbaikan

Mempelajari desain grafis memang tidak bisa dilakukan dengan cepat. Ada berbagai proses yang harus Anda lewati sehingga di akhir nanti bisa membuat hasil karya desain yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengikuti webinar design graphic dari Skills.ID untuk mempercepat pembelajaran Anda

Sekian tips untuk belajar desain grafis bagi para pemula yang ingin sekali terjun ke dunia desain grafis. Selain menjadi desainer, Anda juga bisa mendapatkan peluang masuk di perusahaan besar dan menempati posisi sebagai desain grafis di perusahaan tersebut dengan peran yang sangat menjanjikan.

6.png
Irwan Ibrohim

Lulusan Universitas budi luhur tahun 2017 jurusan teknik informatika ini telah mendalami desain grafis sejak 2009. 

berpengalaman dalam dunia desain sudah 10 tahun. 

Selain menjadi desain grafis saat ini jg sering kali diminta menjadi fotografer di berbagai acara.

Competency

- Mengenalkan adobe photoshoop

- Teknik membuat konsep editing vector si photoshoop 

- Memanipulasi background 

- Merancang Gambar Vector 

- Photo editing

- Photography

Certification

- Head of multimedia study program at Smk Yapimda 

- Graphic designer at Smk Yapimda 

- Mentor creative team at Smk Yapimda 

- Multimedia Teacher at Smk Yapimda 

- IT support at Smk Yapimda

- Computer Teacher at at Smp Yapimda 

- IT support at Smp Yapimda 

- Senior Graphic designer at Infinity Media

- Photographer & videographer at Infinity Project 

- Videoeditor at Infinity Project 

- Graphic Designer at Permata Indonesia Sejahtera ( sampai dengan sekarang )

Student feedback
  • Stars 5
  • 0
  • Stars 4
  • 0
  • Stars 3
  • 0
  • Stars 2
  • 0
  • Stars 1
  • 0
0

Course Rating

This course has not reviewed yet
Rp. 450.000
Qty

Tanggal tidak boleh kosong
Add To Cart
Course Features
  • Start Date Sabtu, 11 Dec 2021
  • Time 13:00 - 15:00
  • Class size 1000
  • Minimum age 15+
  • Language Indonesia
  • Level Beginner
Event Details
  • Webinar Platform : Zoom
  • Skill.id, Jalan Cidodol Raya, RT.7/RW.6, South Grogol, Jakarta, Indonesia