skills id
Course Description

Pada workshop kali ini, kita akan belajar bersama untuk melukis pada media kayu talenan. Asiknya workshop ini adalah peserta bebas memilih untuk melukis menggunakan cat air atau minyak, sehingga diharapkan seluruh peserta dapat belajar kelebihan dan kekurangan masing-masing cat pada media kayu talenan. Hasil dari kegiatan ini peserta dapat membawa pulang hasil karyanya untuk dipajang, atau bisa juga untuk kado spesial untuk orang tersayang. Bahkan jika peserta rajin dan menekuni hobby ini, bisa jadi melukis dapat menjadi sumber penghasilan peserta.

Selain itu, kegiatan melukis pada media kayu talenan juga bisa sebagai terapi menghilangkan stres dan penat dari aktifitas keseharian, karena proses pengerjaan yang menyenangkan dan hasil yang memuaskan.

What you'll learn

  • Pengenalan alat
  • Media yang biasa digunakan
  • Teknik menggambar cepat dan apa yg perlu ditonjolkan dlm lukisan

Requirements

  • Kuas
  • Cat minyak/air yang biasa digunakan

What is price inclusive of

  • Kayu talenan
  • Harga termasuk ppn 10%

Term and conditions

  • Semua pembayaran tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat ditransfer ke workshop yang lain, akan tetapi Anda diizinkan untuk mentransfer tiket Anda kepada orang lain. Tolong beri tahu kami jika Anda menginginkannya.
  • Jika acara dibatalkan karena beberapa kejadian tak terduga oleh pendidik, kami akan mengembalikan pembayaran Anda sepenuhnya

Belajar Melukis di Talenan Mudah untuk Anak

Jika Anda memiliki hobi melukis dan ingin sekali menuangkan kreativitas Anda tersebut dengan media yang berbeda, maka Anda bisa mencoba menggunakan papan kayu sebagai media lukis yang bisa Anda dapatkan di toko kerajinan dan seni. Anda bisa melukis dengan media kayu dengan memperhatikan beberapa langkah agar hasil lukisan bisa lebih rapi dan juga tahan lama seperti yang akan diajarkan di pelatihan kelas prakerja online dari Skills.ID.

Pertama, Anda perlu mengampelas kayu agar bisa menghilangkan bagian yang kurang rata, lalu mengoleskan cat dasar agar cat bisa melekat dengan lebih baik di kayu. Anda juga bisa menambahkan pernis sehingga bisa melindungi karya Anda tersebut dan bisa membuatnya bertahan hingga bertahun-tahun lamanya

Menyiapkan Kayu

1. Ampelas permukaan kayu
Langkah pertama dalam melukis di talenan kayu adalah menyiapkan kayu yang selanjutnya harus diampelas terlebih dulu menggunakan ampelas nomor 140-180. Selain itu, Anda bisa menggunakan spons kasar yang lebih cocok menghaluskan permukaan melengkung. Cara mengampelasnya adalah dengan mengikuti serat kayu, bukan malah melintang.
Jika Anda membeli kayu di toko kerajinan, biasanya sudah diampelas. Jadi Anda tidak perlu lagi menghaluskan permukaannya

2. Bersihkan debu kayu
Selanjutnya, bersihkan debu kayu yang tersisa menggunakan kain lap khusus. Kain tersebut memang khusus untuk membersihkan debu pada permukaan yang lengket. Anda bisa mendapatkan kain lap tersebut di toko kerajinan atau perkakas. Jika tidak menemukannya, Anda bisa menggunakan kain lembab.
Langkah ini sangat dianjurkan meskipun kayu dibeli langsung dari toko dan sudah dihaluskan. Biasanya masih ada debu yang menempel dan bisa membuat cat dasar tidak bisa menempel baik

3. Mengoleskan cat dasar
Payet Padi memiliki tekstur yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan payet jenis lain, yaitu memiliki tekstur yang keras dan sangat kaku. Payet ini juga bisa lebih bagus jika dalam pengaplikasiannya dikombinasikan dengan payet piring maupun payet pasir

4. Tunggu cat dasar kering
Agar lukisan Anda jadi lebih halus, Anda bisa mencoba mengampelas cat dasar. Lalu, lap kayu hingga bersih dan kembali oleskan cat dasar. Lakukan terus hingga tidak ada permukaan yang tidak rata.

Mengoleskan Pernis

1. Menuangkan cat akrilik ke palet
Pilih warna sebagai latar belakang, lalu sedikit tuangkan warna cat yang sesuai. Cat akrilik bisa cepat kering. Jadi, jangan tuangkan cat lain di tahap ini.
Terdapat dua pilihan cat akrilik, yaitu cat murah dan cat untuk seniman dengan harga lebih mahal. Jika menggunakan cat seniman, encerkan terlebih dulu hingga kekentalannya seperti krim.

2. Oleskan cat ke permukaan kayu
Anda bisa menggunakan kuas busa atau yang berbulu lebar dan datar. Biarkan hingga cat kering, lalu oleskan lapisan cat yang kedua jika diperlukan. Tunggu hingga lapisan tersebut kering.
Selanjutnya, cat bagian atas dan samping. Setelah kering, kerjakan permukaan belakang dari kayu.

3. Tunggu hingga cat mongering
Setelah cat kering, oleskan lapisan kedua jika diperlukan. Lamanya waktu pengeringan tergantung dari merek. Namun, biasanya cat akrilik akan kering dalam 20 menit. Jika lapisan cat kurang tebal, tambahkan lagi lapisan kedua dan keringkan

4. Membuat desain dan detail
Anda bisa menggunakan kertas grafit atau stensil untuk menyalin gambar ke permukaan kayu. Anda juga bisa langsung menggambar di permukaan dengan membuat desain menggunakan pensil. Agar desain lebih cantik, beri warna dasar dan tunggu sampai kering. Kemudian tambahkan detail.
Contohnya, saat Anda hendak menggambar smiley, lingkaran kuning bisa Anda warnai terlebih dulu. Setelah kering, tambahkan mata dan senyuman

5. Tunggu hingga cat kering
Meski terasa kering ketika disentuh, cat belum tentu siap dilapisi pernis. Setiap merek memiliki waktu pengeringan yang berbeda. Tapi Anda biasanya harus menunggu 24 jam

6. Oleskan pernis
Pernis bisa memberikan hasil berbeda, seperti matte, satin, dan mengkilap. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai kebutuhan. Oles atau semprotkan secara tipis dan keringkan. Anda bisa membuat lapisan kedua jika perlu.

Eksperimen Beberapa Teknik

1. Tidak menggunakan cat dasar
Anda bisa mencoba langsung melukis di permukaan kayu mentah. Meski begitu, pertimbangkan untuk mengecat semua bagian kayu menggunakan pernis atau pewarna kayu. Tunggu hingga kering dan Anda bisa mulai melukis. Lagi tunggu hingga kering sebelum mengoleskan pernis

2. Mendesain dengan pensil
Anda bisa membeli atau membuat stensil sendiri, dan letakkan di atas kayu. Oleskan lem di atas stensil sehingga bisa menutupi kayu dan membuat cat tidak merembes. Tunggu hingga lem kering dan oleskan cat di atas stensil. Stensil bisa dilepaskan ketika cat masih basah. Setelah itu, oleskan pernis.

3. Menggunakan kertas grafit
Anda juga bisa menggunakan kertas grafit untuk menyalin desain dan mewarnainya. Letakkan kertas grafit pada permukaan kayu dengan menghadap ke bawah. Anda bisa mulai menggambar desain. Kemudian angkat setelah selesai.
Gunakan kuas lancip dan tipis sebagai penegas garis bentuk dan warnai bagian dalam dari desain menggunakan kuas datar. Metode ini lebih cocok untuk kayu yang telah dicat. Meski Anda bisa mengaplikasikannya di kayu mentah, tapi cat bisa saja tidak menempel sempurna.

4. Membuat semburat warna
Anda bisa membuat semburat warna agar bisa menonjolkan pola dari serat kayu. Oleskan lapisan cat akrilik secara tipis dengan kuas kering. Lalu oleskan cat di kain basah dan gosok pada permukaan kayu. Metode ini bisa membantu mewarnai kayu dengan merata dan tetap menonjolkan pola serat kayu.

5. Membuat papan tulis
Anda bisa membuat papan tulis sendiri dengan mengoleskan cat papan tulis sebanyak 2-3 lapis. Tunggu hingga kering dan lukis desain dengan cat biasa. Setelah cat mongering, tutup permukaan menggunakan kapus dan bersihkan

Tips

-Semprotkan kayu terlebih dulu dan lukis desain rumit menggunakan cat akrilik.
-Perhatikan langkahnya: mengoleskan cat dasar, cat biasa, lalu selesaikan dengan pernis pada permukaan kayu.
-Hasil akan lebih baik dengan beberapa lapis cat.
-Kualitas kuas juga menentukan kualitas lukisan.
-Tunggu hingga 3 minggu sehingga cat dan pernis bisa kering sepenuhnya.
-Pilihlah warna cat secara hati-hati. Cat akrilik yang kering biasanya terlihat lebih gelap.
-Pilih kuas lancip, bulat dan kecil untuk detail yang kecil dan presisi.
-Cat dasar bukan keharusan, tapi begitu dianjurkan.

Peringatan

-Jika menggunakan cat dasar/pernis atau cat semprot yang dilakukan dengan cara menyemprotnya, lakukanlah di luar rumah atau ruangan dengan sistem ventilasi terbaik.
-Gunakan masker agar debu dari kayu tidak masuk ke pernapasan.

Demikian cara melukis di talenan yang mudah. Menggunakan kayu sebagai media lukis sebenarnya sudah dilakukan oleh banyak orang. Setelah selesai melukis dengan media tersebut, Anda bisa menjadikan karya Anda tersebut sebagai pajangan di rumah Anda. Silahkan Anda coba tuangkan kreativitas Anda dalam melukis dengan menggunakan permukaan kayu dengan beberapa cara di atas

6.png
Setia Dharma

Sarjana ekonomi yang pernah berprofesi sebagai guru matematika ini sudah mulai melukis sejak usia kecil. Saat kelas 3 SMP di tahun 1983 Dharma telah melukis di reklame, billboard, poster, dan lainnya. Kemudian tidak lama Dharma mulai mencoba media lukis kanvas. Hingga saat ini, pemilik Dharma Art Gallery telah melukis di kanvas, kertas dan terakhir menggunakan media talenan dengan cat minyak dan cat air.

Selain memenuhi pesanan pelanggan, kesibukkan Dharma sehari-hari antara lain menjadi juri (Terakhir acara DISPORA tingkat Jabodetabek), administrator komunitas pelukis indonesia. Pria kelahiran Aceh ini sudah pernah mengikuti pameran lukisan di kota-kota seperti Banda Aceh, Indramayu, Kerawang, DKI Jakarta, hingga Sawangan. Kedepan Dharma berharap dapat membuka workshop dan galeri sendiri di kota Depok.

Competency

Melukis pada media:

  • Kanvas
  • Kertas

Menggunakan cat:

  • Minyak 
  • Air

Certification

  • Juara 1 Aceh Utara lomba lukis payung fantasi
  • Juara 1 Lhokseumawe lomba lukis poster
  • Penghargaan Festival Baiturrahman ke II
  • Penghargaan Universitas Syah Kuala 
  • Komunitas Pelukis di Aceh
  • Pengurus komunitas Pelukis Indonesia
  • Pameran Lukisan di Al Qurayyat dan Al-Jouf (Sakaka) di Saudi Arabia (2012-2013) 
  • Pameran Lukisan di Technomart Karawang (2017)
  • Juri Lomba Lukis oleh Kementrian PU, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (2017)
  • Pameran Lukisan di D'Kandang Amazing Farm di Depok (2018)
  • Menjadi juri di Dispora pada ajang kreasi remaja di Jakarta (2019)

Student feedback
  • Stars 5
  • 0
  • Stars 4
  • 0
  • Stars 3
  • 0
  • Stars 2
  • 0
  • Stars 1
  • 0
0

Course Rating

This course has not reviewed yet
Rp. 192.500
Qty

Tanggal tidak boleh kosong
Add To Cart
Course Features
  • Start Date Minggu, 23 Feb 2020
  • Time 10:00 - 12:00
  • Class size 10
  • Minimum age 10
  • Language Indonesia
  • Level Beginner
Event Details
  • SKILLS.ID
  • Jl. Cidodol Raya No.40, RT.8/RW.11, Grogol Sel., Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220, Indonesia