skills id
Course Description

Hi Sobat Skills!
Menjadi Pemimpin Handal adalah sebuah proses untuk mengarahkan, membimbing dan mempengaruhi perilaku orang lain sehingga dapat memenuhi tujuan yang spesifik dalam berbagai situasi. Jika kamu merasa memiliki potensi untuk dapat merubah perilaku orang lain, maka kamu memiliki potensi untuk menjadi seorang pemimpin. Di dalam workshop ini, kamu akan mempelajari dan berlatih menemukan skema tepat menjadi seorang pemimpin handal. Bagi kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai kepemimpinan, workshop ini sangat penting untuk kamu ikuti. Tunggu apalagi, daftar dan jadikan dirimu Pemimpin yang handal !

What you'll learn

  1. Pemahaman dan Pentingnya menumbuhkan jiwa Kepemimpinan
  2. Karakter Seorang Pemimpin
  3. Kualitas Seorang Pemimpin
  4. Belajar perbedaan Otoritas dan Kepemimpinan
  5. Belajar perbedaan Status Pekerjaan dan Pemimpin
  6. Gaya Kepemimpinan
  7. Kepemimpinan Situasional
  8. Menjadi Pemimpin yang Efektif
  9. Evaluasi pemahaman kamu mengenai Menjadi Pemimpin yang handal

Requirements

  • Laptop yang terinstal Zoom / Google Hangout Meet

What is price inclusive of

-

Term and conditions

  • Semua pembayaran tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat ditransfer ke workshop yang lain, akan tetapi anda diizinkan untuk mentransfer tiket anda kepada kami jika anda menginginkannya.
  • Jika acara dibatalkan karena beberapa kejadian tak terduga oleh pendidik, kami akan mengembalikan pembayaran anda sepenuhnya.

Webinar Class Belajar Menjadi Pemimpin Handal

Salah satu bidang yang sangat menarik untuk dipelajari dan sangat berguna untuk karier adalah leadership. Skill yang satu ini merupakan salah satu skill yang selalu dibutuhkan dalam dunia kerja. Anda dapat mempelajarinya dari workshop offline maupun webinar prakerja. Kelas prakerja adalah pelatihan online yang dapat Anda pelajari dari manapun dan memperoleh sertifikat nantinya. Pastinya pekerjaan memiliki technical skill yang bisa terus berkembang. Namun perkembangan ini harus sejajar dengan kemampuan untuk melakukan kepemimpinan. Tanpa kemampuan tersebut, maka kemampuan teknik tidak dapat membantu menaiki jenjang karier

Oleh karena itu bagi orang – orang yang sudah memiliki jenjang karier yang baik maka sudah dipastikan memiliki skill kepemimpinan yang baik. Namun bagi yang masih belajar, ini bukan waktu yang terlambat. Belajar kepemimpinan bisa kapan saja dan sebaiknya memang harus dipelajari. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan yang bisa dipraktikkan.

Ada beberapa cara meningkatkan atau mengembangkan kemampuan kepemimpinan. Karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kemampuan ini. Kemampuan leadership tidak hanya menjadi pemimpin saja, namun ketika dipimpin pun juga harus bisa memahami. Leadership bukanlah cara untuk mengatur orang, namun harus tahu juga memosisikan diri pada suatu kondisi. Sehingga cakupan kepemimpinan sangatlah luas.

Oleh karena itu jika merasa masih kurang dalam leadership skill, maka ada beberapa cara yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkannya. Berikut ini adalah penjelasan singkatnya untuk yang sedang mengembangkan skill leadership seperti yang akan diajarkan di webinar leadership kami.

Belajar Disiplin

Disiplin adalah salah satu sifat dasar dari sebuah kepemimpinan. Sehingga ketika seseorang sudah mencapai tingkat kepemimpinan yang tinggi, maka tingkat disiplin yang dimilikinya pun juga tinggi. Penerapan disiplin tidak hanya dalam lingkup kerja namun dalam lingkup kehidupan sehari – hari. Hal ini menjadi bekal yang sangat penting ketika menggunakan skill kepemimpinan.

Contoh penerapan sifat disiplin dalam dunia kerja adalah datang rapat tepat waktu, mengerjakan tugas sesuai dengan deadline yang telah disepakati. Bahkan proses disiplin harus bisa digunakan hingga di kehidupan sehari-hari seperti memiliki jadwal bangun tidur yang sudah diatur.

Belajar kedisiplinan memang bukan hal yang mudah, namun mempelajari ini bisa dilakukan jika ada kemauan yang tinggi. Jika ingin menjadi pemimpin yang hebat, maka wajib hukumnya untuk bisa disiplin terhadap apapun. Hal ini akan membuat kepemimpinan menjadi mudah diatur.

Berani Mengambil Tanggung Jawab

Leadership berarti berani bertanggung jawab. Adapun hal inilah yang membuat orang – orang yang belajar kepemimpinan harus bisa mengambil tanggung jawab. Tanggung jawab merupakan suatu kewajiban yang harus dipikul oleh seseorang yang sudah pasti mendapatkan haknya. Sebagai contoh, hanya sekadar menjual minuman saja kalau minuman yang dibuat salah maka harus berani bertanggung jawab.

Cara mengembangkan sikap tanggung jawab sangat mudah. Mulai dari hal kecil terlebih dahulu. Orang – orang tidak akan pernah sanggup menerima tanggung jawab yang besar secara sekaligus. Oleh karena itu belajar mengambil tanggung jawab kecil terlebih dahulu. Semakin seseorang bisa menyelesaikan tanggung jawab maka semakin besar pula tanggung jawab yang bisa diterima

Jika sudah bisa mempelajari apa makna dari tanggung jawab, maka pengembangan dari kemampuan kepemimpinan ini akan semakin terbuka peluangnya untuk dipelajari dengan mudah. Oleh karena itu, belajar tanggung jawab juga menjadi faktor penting dalam mengembangkan skill kepemimpinan.

Mau Mendengarkan Pendapat Orang Lain

Membiarkan orang lain mengambil keputusan dan bisa mendengarkan pendapat orang lain merupakan salah satu seni yang memiliki tantangan dalam mengembangkan kemampuan leadership. Karena ketika sudah merasa menjadi pemimpin, orang yang memberikan ide baik atau keputusan yang penting dianggap sebagai salah satu ancaman. Padahal hal tersebut bukanlah ancaman sama sekali.

Mendengarkan pendapat orang lain merupakan salah satu hal yang harus diperlukan oleh seorang pemimpin. Apa gunanya dipimpin oleh orang yang egois dan merasa memahami semuanya. Orang – orang akan merasa diri mereka sebagai pesuruh dan hal ini sangat tidak baik dalam sebuah sistem kepemimpinan. Mendengarkan pendapat orang lain baik, karena sebagai manusia walaupun sudah memiliki bakat memimpin tetap saja manusia yang bisa salah.

Ketika ada orang lain yang bisa mengambil keputusan pun tidak akan mengancam kepemimpinan. Justru hal tersebut sangat baik dan harus didukung. Disebut baik karena hal ini akan membantu dalam sebuah organisasi untuk berkembang dan selalu menghasilkan pemimpin-pemimpin baru yang bisa melanjutkan kepemimpinan di masa yang akan datang.

Menjadi sosok yang menginspirasi

Hal ini menjadi peranan penting dalam pengembangan skill kepemimpinan. Pasalnya seorang pemimpin merupakan bagian dari tim. Hal ini menandakan bahwa seorang pemimpin bisa memberikan inspirasi untuk para anggotanya. Bagaimana jika seorang pemimpin tidak bisa memberikan inspirasi? Maka bisa saja akan disepelekan oleh para anggotanya karena merasa apa yang dilakukan pemimpin tidak memberikan dampak

Cara mudah mengembangkan bakat yang satu ini adalah memberikan motivasi kepada sesama anggota. Kemudian pemimpin juga harus bijaksana dalam menghadapi setiap masalah. Masalah yang tidak diselesaikan dengan bijaksana pun akan menjadi senjata makan tuan bagi seorang pemimpin. Mungkin saja cara itu bisa menyelesaikan masalah, namun cara tersebut membuat respek terhadap pemimpin menjadi menurun

Menginspirasi juga tidak harus melalui motivasi. Dengan sikap yang sederhana dan ramah pun juga menjadi sosok yang bisa memberikan inspirasi. Pastinya ketika sosok pemimpin disebut dapat menginspirasi ketika para anggotanya menyebutkan alasan mengapa mengikuti pemimpin tersebut.

Menjadi Pendengar Yang Baik

Memimpin tidak hanya sekadar memberikan tugas dan mendelegasikan seseorang. Memimpin juga harus bisa mendengarkan apa yang sedang dirasakan oleh anggotanya. Kemampuan leadership yang satu ini sangat diperlukan karena berguna untuk memberikan solusi dan saran dari apa yang sedang dihadapi oleh seseorang yang menjadi anggotanya.

Memimpin tidak hanya sekadar memberikan tugas dan mendelegasikan seseorang. Memimpin juga harus bisa mendengarkan apa yang sedang dirasakan oleh anggotanya. Kemampuan leadership yang satu ini sangat diperlukan karena berguna untuk memberikan solusi dan saran dari apa yang sedang dihadapi oleh seseorang yang menjadi anggotanya.

Apa akibatnya jika seorang pemimpin tidak dapat mendengarkan apa yang dikatakan oleh anggotanya? Maka kepemimpinan tersebut akan terkesan menjadi sebuah diktator karena hanya berpusat pada pikiran pemimpin. Tidak bisa menjadi pendengar yang baik pun akan menjadi beban yang sangat berat ketika memimpin

Hal ini dikarenakan rasa tidak percaya dan ketika ada kesalahan tidak akan mengakuinya karena menurut pemimpin itu benar. Jika sudah seperti ini, maka sebuah kepemimpinan akan berakhir dengan cepat digantikan oleh orang yang bisa mendengarkan.

Demikian cara mengembangkan skill kepemimpinan atau leadership. Untuk mempelajarinya pun sangat mudah karena bisa dipraktikkan di mana saja dan kapan saja. Ketika sudah dicoba caranya dan berhasil, maka seorang pemimpin harus tetap belajar agar bisa menjadi pemimpin yang selalu update dengan apa yang sedang terjadi dalam kondisi tersebut. Seorang pemimpin yang baik selalu bisa mempelajari semua keadaan yang sedang terjadi di depan matanya

6.png
Theresia Lestari CFP, CPC, CBA, CPFM, (Coach & Trainer)

Theresia Lestari is the founder of CLTC Community, a business, financial and social practitioner who professionally conducts intense training and coaching with various Training and Workshop contents provided by CLTC.

Theresia also the Author of two titles of book "Skills From Heaven" and "Destiny's Calling".

With a total of more than 15,000 hours interactive Training and conducting intense Coaching for more than 10 years working in international financial & Training Consultant institutions and companies, Theresia continues to contribute to the education world especially for the Millennials, Youth and Kids.

Competency

Certification

Student feedback
  • Stars 5
  • 0
  • Stars 4
  • 0
  • Stars 3
  • 0
  • Stars 2
  • 0
  • Stars 1
  • 0
0

Course Rating

This course has not reviewed yet
Rp. 500.000
Qty

Tanggal tidak boleh kosong
Add To Cart
Course Features
  • Start Date Selasa, 11 Jan 2022
  • Time 13:00 - 16:00
  • Class size 1000
  • Minimum age 17+
  • Language Indonesia
  • Level Beginner
Event Details
  • W
  • Jl. Cidodol Raya No.40, RT.7/RW.6, Grogol Sel., Kec. Kby. Lama, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12220, Indonesia
Featured Posts