skills id
Course Description

Halo sobat skills! Disini akan kita pelajari bagaimana tehnik memayet yang baik dan benar supaya payet tidak mudah terlepas dari gaun. Kemudian pencampuran gradasi pada warna payetan sangat di perlukan agar payet semakin terlihat hidup. Jaman sekarang ongkos tenaga payet cukup dihargai lho fashion people dan sangat menguntungkan. Sangat cocok untuk kamu yang hobi berkreasi dan berpenghasilan. Mngkin kamu ingin berhenti dari kantormu tapi bingung untuk berkarir freelance di bidang apa? Ini dia jawabannya.

What you'll learn

- Teknik memayet yang baik dan benar agar payet tidak mudah terlepas dari gaun

- Pencampuran gradasi pada warna payetan agar payet terlihat hidup dan melengkapi busana

Requirements

- Jarum payet & toples

- Pensil

- Baju yang ingin dipayet

What is price inclusive of

- Manik-manik untuk payet

- Peminjaman alat

Term and conditions

- Semua pembayaran tidak dapat dikembalikan dan tidak dapat ditransfer ke workshop yang lain, akan tetapi Anda diizinkan untuk mentransfer tiket Anda kepada orang lain. Tolong beri tahu kami jika Anda menginginkannya.

- Jika acara dibatalkan karena beberapa kejadian tak terduga oleh pendidik, kami akan mengembalikan pembayaran Anda sepenuhnya

Belajar Teknik Menjahit Payet Tabur

Payet adalah benda kecil yang biasanya digunakan dalam membuat perhiasan untuk busana. Penggunaannya dipercaya bisa menjadi metode dalam menciptakan kesan mewah dan nuansa tertentu. Kebanyakan busana yang mengaplikasikan payet adalah gaun pesta dan kebaya, namun sekarang bisa ditemukan dalam berbagai bentuk dan kegunaan, seperti dompet, tas, hingga baju seperti gamis dan kaftan. Sedangkan jenis payet sekarang sudah ada beberapa.

Program kelas prakerja sulam payet bertujuan memberikan nilai seni lebih pada media sulam. Agar hasilnya bagus, pengrajin biasanya memiliki jam terbang tinggi. Selain itu, dibutuhkan kreativitas pada saat merancang model sulaman yang diinginkan dan juga ketelitian saat pengerjaan. Hal tersebut dikarenakan payet memiliki bentuk kecil dengan jumlah banyak. Agar memudahkan dalam menyulam payet, cari tahu berbagai macam jenis payet seperti berikut:

Macam-macam Jenis Payet

Ada banyak macam jenis payet yang harus Anda kenal agar Anda mudah dalam menyulam. Dengan mengenalinya maka Anda tidak akan kesulitan saat membuat sulaman untuk hiasan yang Anda inginkan.
Langsung saja, berikut ini macam-macam jenis payet yang harus Anda kenal:

1. Payet Batang
Payet batang yang memiliki bentuk menyerupai silinder atau bisa juga disebut seperti tabung dengan ukuran yang memanjang. Payet jenis ini sering kali digunakan untuk jenis pakaian adat maupun gaun. Kadang jenis ini juga bisa digunakan pada saat membuat sulaman dengan bentuk bunga dengan cara menyatukan beberapa payet yang bisa memberikan bentuk bunga pada sulaman tersebut.

2. Payet Batang Patah
Payet batang patah memiliki bentuk yang tidak begitu berbeda dengan payet batang. Meski begitu, payet jenis ini memiliki ukuran yang lebih penting. Bentuk dari payet batang dan payet batang patah juga terlihat sama. Begitu pun dengan cara pengaplikasiannya payet batang patah ini juga masih tetap sama seperti jenis sebelumnya

3. Payet Padi
Payet Padi memiliki tekstur yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan payet jenis lain, yaitu memiliki tekstur yang keras dan sangat kaku. Payet ini juga bisa lebih bagus jika dalam pengaplikasiannya dikombinasikan dengan payet piring maupun payet pasir

4. Payet Piring
Payet Piring memiliki dua jenis yang berbeda dari segi bentuknya, yaitu payet piring dengan bentuk mangkuk dan payet piring yang berbentuk datar.
Hal yang membedakan antara kedua payet piring tersebut jelas di bagian bentuknya. Payet piring dengan bentuk datar memiliki bentuk yang tipis dan terlihat seperti kepingan CD. Sedangkan payet piring dengan bentuk mangkuk memiliki bentuk yang cekung pada bagian tengahnya.
Payet piring merupakan jenis payet yang biasa digunakan pada saat membuat sulaman. Jadi sangat mudah menemukan pakaian dengan hiasan payet piring.

5. Payet Pasir
Payet pasit merupakan jenis yang memiliki ukuran paling kecil sesuai dengan namanya. Jenis ini biasanya digunakan sebagai pelengkap dari payet piring. Namun, payet ini juga biasanya digunakan secara langsung dengan menggunakan jumlah yang banyak. Selain itu, payet pasir juga bisa memberikan kesan berkilau saat digunakan pada busana karena memiliki bentuk berukuran kecil

6. Payet Manik-manik
Payet manik-manik memiliki bentuk seperti kancing, mutiara dan bentuk lainnya. Payet jenis ini juga biasanya digunakan sebagai pelengkap busana sebagai aksesorisnya, seperti gelang, kalung, anting, dan jenis aksesoris lain

7. Payet Jantung
Sesuai dengan nama yang dimilikinya, payet jantung merupakan jenis yang memiliki bentuk seperti jantung atau bisa juga disebut dengan bentuk hati. Payet jenis ini memiliki ukuran yang kecil. Selain itu, payet ini juga biasanya terlihat lebih berkilau jika dibandingkan dengan payet jenis lain. Payet jantung biasanya digunakan dalam membuat hiasan pada dress, jilbab, maupun tas

8. Payet Batu
Payet batu memiliki ukuran yang bisa dibilang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan payet jenis lain. Biasanya, payet batu ini memiliki bentuk kotak, bundar, dan ada juga yang memiliki bentuk seperti segitiga dengan warna yang lebih berkilau.
Jenis payet batu ini juga biasanya memiliki bentuk seperti berlian yang membuatnya bisa memberikan kesan mewah jika digunakan pada busana yang hendak dikenakan

9. Payet Patahan (Tebu)
Payet tebu atau jenis payet dengan ukuran yang lebih kecil dan juga lebih pendek dengan bentuk bulat persegi. Jenis payet tebu ini memiliki lubang yang terletak pada bagian sumbunya. Dengan bentuk seperti itu, payet tebu ini tentu bisa dibilang jenis payet yang menyerupai tebu yang sudah dikuliti

10. Payet Lombok
Terakhir ada payet Lombok yang sesuai namanya adalah payet dengan bentuk yang menyerupai lombok atau cabai. Pada payet jenis ini terdapat lubang di bagian pangkal payet. Sedangkan penggunaannya biasanya digunakan sebagai variasi rantai atau ronce. Payet jenis ini juga sangat cocok dijadikan sebagai hiasan aksesoris.

Dengan beberapa jenis payet di atas, Anda memiliki banyak pilihan dalam membuat sulam payet. Setiap jenis memiliki kegunaan yang berbeda dan bisa menghasilkan hasil sulaman yang berbeda. Selain itu, kreativitas pengrajin juga mempengaruhi hasilnya.

Jika pengrajin yang sudah memiliki jam terbang tinggi atau dengan pengalaman yang sudah banyak, tentu saja hasil sulaman akan sangat berkualitas.

Bagi yang tertarik membuat sulaman dari payet, Anda harus mengenali berbagai jenis payet seperti di atas. Dengan begitu, Anda bisa tahu sulaman seperti apa yang bisa Anda hasilkan dan saat mengaplikasikannya juga tidak salah. Payet jenis tertentu biasanya hanya cocok diaplikasikan pada busana tertentu.

Contohnya ada payet yang bisa digunakan sebagai hiasan busana, ada juga payet yang digunakan sebagai hiasan untuk tas, jilbab, hingga kerajinan lainnya. Meski begitu, Anda bebas mengaplikasikan jenis payet tertentu sesuai dengan keinginan Anda sehingga bisa menghasilkan hiasan yang menarik untuk Anda kenakan.

Jika Anda tertarik dengan seni menyulam payet, Anda bisa mengikuti workshop payet dan asah kreativitas Anda dalam membuat hiasan yang menarik untuk busana, tas, jilbab, maupun untuk kerajinan lain. Demikian mengenai macam-macam jenis payet yang biasa digunakan oleh para setiap pengrajin sulam payet dalam membuat hiasan untuk busana, tas, jilbab, hingga kerajinan lainnya. Semoga bisa memberikan informasi bagi Anda yang mungkin tengah tertarik ingin menjadi pengrajin sulam payet dan membuat hiasan Anda sendiri. Sekian dan terima kasih.

6.png
Megasandra Simanjuntak

"MELIRA stitches" adalah inisiatif unik dari Fashion Design & Fashion Merchandising dari tiga universitas terkemuka. MELIRA stitches adalah platform bagi masyarakat untuk belajar tentang cara menggunakan mesin jahit dan membuat pakaian sendiri

Competency

- Fashion Sewing Lecture 

- INIFD Diploma

Certification

-

Student feedback
  • Stars 5
  • 0
  • Stars 4
  • 0
  • Stars 3
  • 0
  • Stars 2
  • 0
  • Stars 1
  • 0
0

Course Rating

This course has not reviewed yet
Rp. 440.000
Qty

Tanggal tidak boleh kosong
Add To Cart
Course Features
  • Start Date Sabtu, 30 Mar 2019
  • Time 11:00 - Finish
  • Class size 5
  • Minimum age 17
  • Language Indonesia
  • Level Beginner
Event Details
  • ---
  • Jl. Bangka XII No.4, RT.2/RW.7, Pela Mampang, Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12720, Indonesia